Simak Biaya Ganti Plat Kendaraan Terbaru

  • Bagikan
Berita Terkini Batam

Jakarta, Owntalk.co.id – Aturan baru mengenai plat nomor kendaraan berwarna putih hitam kini telah termuat dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021. Aturan ini sebenarnya telah berlaku sejak 5 Mei lalu namun pelaksanaan aturan ini baru akan dilakukan di tahun 2022.

Biaya pembuatan plat nomor kendaraan dengan desain terbaru ini sebenarnya tidak berbeda jauh dari sebelumnya.

Tarif penerbitan plat nomor ini sesuai dengan aturan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang terdapat di Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020.

“Tidak ada perubahan, PNPB nya mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 76/2020, jadi tidak ada perubahan,” kata Kasubdit STNK Korlantas Polri Komisaris Besar Polisi Taslim Chairuddin.

Pada aturan tersebut disebutkan bahwa biaya yang ditetapkan penerbitan plat nomor kendaraan roda dua sebesar Rp60 ribu per pasang dan untuk kendaraan roda empat atau lebih Rp100 ribu per pasang.

Namun sebelum mendapatkan plat nomor kendaraan, pemilik kendaraan perlu terlebih dahulu untuk mengurus STNK baru atau perpanjangan lima tahunan

Sedangkan untuk aturan biaya penerbitan STNK pertama kali atau setiap lima tahun dikenai biaya sebesar Rp100 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp200 ribu untuk kendaraan roda empat atau lebih.

Baca Juga :

Saat aturan terbaru ini diberlakukan, plat nomor kendaraan dengan desain terbaru ini akan terlebih dahulu dipakai di kendaraan yang baru teregistrasi di kepolisian dan pada kendaraan yang habis masa berlaku STNK lima tahunan.

Penggantian plat nomor pada kendaraan yang telah dimiliki masyarakat sebelumnya akan dilakukan secara bertahap

“Yang perlu dijelaskan ke masyarakat mereka tidak perlu khawatir ketika TNKB nya belum habis masa berlakunya tidak akan kami ganti,” kata dia. (Ir)

  • Bagikan