Songsong Batam, Bintan, dan Karimun sebagai Hub Logistik Internasional

  • Bagikan
Gambar Ilustrasi

Batam, Owntalk.co.id – Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad dalam rapat koordinasi “Finalisasi Rencana Induk Pengembangan KPBPB BBK”, pada Selasa, 8 Juni 2021, mengatakan bahwa pengembangan KPBPB Batam, Bintan, Karimun (BBK) dapat memulihkan pertumbuhan ekonomi di Kepulauan Riau. Menurut laporannya, nilai ekspor Provinsi Kepulauan Riau pada Maret 2021 mencapai angka 1,356 juta dolar AS, meningkat 12,6 persen dari Februari.

Kinerja ekspor terus mengalami peningkatan dan impor yang dilakukan hampir seluruhnya demi mendukung kegiatan produksi. Bertolak dari kondisi itulah, pemerintah kemudian menyusun rancangan perpres tentang rencana induk pengembangan KPBPB BBK. Total ada sebanyak 153 program atau proyek yang akan diajukan dalam perpres itu. Dan dari situ, terdapat pula beberapa program atau proyek prioritas yang bersifat optimistis, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekspor-impor, penanaman modal asing, penanaman modal dalam negeri, hingga memperbanyak kegiatan padat karya.

Adalah Gubernur Ansar bersama Deputi bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo serta Sekretaris Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus sekaligus anggota 2 bidang Kebijakan Strategis BP Batam Enoh Suharto Pranoto yang hadir dalam rapat koordinasi itu. Selain juga, Wakil Wali Kota Batam H Amsakar Achmad, Wakil Bupati Karimun H Anwar Hasyim dan Sekda Bintan Adi Prihantara. Sedangkan dari Pemprov Kepri hadir Asisten Ekbang Syamsul Bahrum, Staf Khusus Gubernur Sarafudin Aluan, Suyono, Angelinus, dan Muhti serta Kaban Kesbangpol Lamidi, Kepala Barenlitbang Andri Rizal, dan Karo Pembangunan Aries Fhariandi.

Baca Juga :

Perlu diketahui, pemerintah sedang melakukan penataan dan mengintegrasikan pembangunan di Kawasan BBK, termasuk Tanjungpinang. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan potensi kawasan. Pembangunan terintegrasi tersebut tertuang dalam rencana induk pengembangan KPBPB BBK.

Halaman Selanjutnya ….

  • Bagikan