Kapolda Dampingi Presiden RI Pantau Proses Vaksinasi di Kepri

  • Bagikan

Batam, Owntalk.co.id – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko widodo melakukan kunjungan kerja ke Tanjung Pinang. Dalam kunjungannya di Kepulauan Riau (Kepri), kapolda mendampingi presiden untuk meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di 7 kota dan kabupaten yang ada di Kepri.

Presiden RI beserta rombongan tiba di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang pada jam 13.40 WIB. Rombongan berangkat menggunakan Pesawat Kepresidenan Boing 737 A-001.

Saat mengunjungi Kepri Presiden didampingi oleh Sekretaris Kabinet Indonesia Maju Dr. IR. Pramono Anung Wibowo, M.M, Menteri Kesehatan RI Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU., Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto dan Kapolri Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo.

Rombongan tersebut disambut langsung oleh Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad, S.E., M.M, Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI I Nyoman Gede Ariawan, Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Aris Budiman, Danrem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, dan Wakapolda Kepri Brigjen Pol Drs. Darmawan.

Dalam kunjungannya, Presiden RI Joko Widodo menuturkan, Apresiasi atas kinerja dalam penanganan Covid-19. Namun saat ini, tugas tersebut belum berakhir dan cenderung meningkat di beberapa negara dunia.

“Dalam penanganan Covid 19 semua pihak Pemda, TNI, Polri dan seuluruh stakeholder lainnya. Harus bisa diberdayakan untuk selalu mensosialisasikan dan mendisiplinkan terkait penerapan Protokol kesehatan,” ungkapnya.

Baca Juga :

Lanjut Presiden, perkembangan kasus aktif di Kepri dari per 18 Mei 2021 sebanyak 2.015 kasus atau jika dipersentasekan sebanyak 14,72%. Sementara angka kesembuhan Kepri sebesar 83% sedangkan Nasional sekitar 92,2%. Jadi kita harus mengatasi hal tersebut, apa lagi daerah Waspada untuk Kabupaten Lingga yang memiliki angka kesembuhan hanya 32,9%.

“Hal tersebut harus diatasi dengan serius apalagi dampaknya kepada pertumbuhan ekonomi Kepri saat ini yang masih diangka -1,19% dan lebih rendah dari Nasional. Untuk itu, percepat penyerapan APBD pada masing-masing daerah agar bisa membantu meningkatkan perputaran siklus ekonomi,” jelasnya.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt, memaparkan, hari ini sekitar 15 ribu secara serentak divaksinasi. Lalu kegiatan itu disaksikan oleh Presiden secara Virtual. Seperti yang diharapkan oeh presiden. Penanganan Covid-19 di Kepri harus terlaksana secara maksimal, termasuk juga dengan pelaksanaan vaksinasi. Disamping itu Presiden RI juga menekankan penggunaan masker ditengah masyarakat.

“Seperti apa yang disampaikan oleh Presiden RI, Kepri harus sigap dalam penamganan covid 19. Selain itu juga harus lebih melakukan upaya maksismal untuk pelaksanaan vaksinasi. Jadi jika ingin pergi kemanapun dalam kegiatan apapun, tetaplah gunakan pakai masker,” katanya.

Harry menambahakan, gelombang ketiga pandemi di negara tetangga telah diterapkan. Pembatasan seperti Malaysia lockdown sampai Juni 2021, selain itu Thailand juga melakukan pengetatan sejak April 2021 dan Singapura mulai melaksanaka lockdown sejak Mei 2021.

“Untuk mengatasi geombang ketiga pandemi Covid-19 tidaklah dilakukan oleh Indonesia sendiri. Melainkan tiga negara tetanga telah menerapkan aturannya masing-masing,” tutupnya. (Haykal)

  • Bagikan