Polri Apps
banner 728x90

Breaking News : Gempa Magnitudo 7,2 Guncang Nias Barat-Sumut

Medan, Owntalk.co.id Gempa bumi dengan Magnitudo 7,2 mengguncang Nias Barat, Sumatera Utara (Sumut) Jumat (14/5/2021) pukul 13.33 WIB. Pusat gempa berada di 141 kilometer Barat Daya Nias Barat dengan kedalaman 19 kilometer.

Dari analisis BMKG melalui akun Twitter @infobmkg, gempa berada di koordinat 0,10 Lintang Utara (LU) dan 96,53 Bujur Timur (BT). Gempa diinfokan tidak berpotensi tsunami. 

Hingga kini, belum diketahui dampak yang ditimbulkan akibat gempa tersebut termasuk kerusakan maupun korban luka.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” tulis BMKG.

Selain itu, hingga Jumat (14/5/2021) pukul 14.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan sebanyak 3 Kali (aftershock).

Indonesia menjadi tempat di mana gempabumi kerap kali terjadi. Oleh sebab itu, Anda diharuskan mengetahui beberapa hal untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan pada saat gempa terjadi.

Masyarakat yang tinggal di Gunung Sitoli, Kabupaten Nias merasakan gempa dalam skala intensitas III-IV MMI. Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Kemudian wilayah Banda Aceh merasakan getaran pada skala intensitas III MMI. Di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa seakan-akan ada truk berlalu.

Wilayah Aek Godang dan Aceh Tengah merasakan gempa dalam skala intensitas II MMI. Di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.