Refleksi Hari Kartini di Tengah Pandemi

  • Bagikan
hari kartini

Jakata, Owntalk.co.id – Tanggal 21 April dalam setiap tahunnya bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Kartini. Ia merupakan sosok pemikir sekaligus pionir emansipasi wanita di tengah-tengah keluarga bangsawan dengan adat dan tradisi yang kental.

Kartini meninggalkan sejumlah surat tentang pemikiran-pemikiran perihal kondisi sosial saat itu, khususnya tentang gugatan menyangkut budaya yang dianggap menghambat kemajuan para perempuan.

Atas perjuangannya terhadap kaum perempuan, Presiden Soekarno menetapkan hari kelahiran perempuan dengan nama lengkap Raden Ajeng Kartini yang jatuh pada 21 April, sebagai hari besar nasional yakni Hari Kartini.

Baca Juga : Refleksi Hari Ibu di Masa Pandemi Covid-19

Di tahun 2021 dimana bangsa ini masih disibukkan dengan pandemi virus Covid-19, para perawat yang sebagian besar adalah kaum perempuan berada di garis terdepan dalam penanganan para pasien positif Covid-19.

Tidak sedikit para perawat perempuan tersebut yang gugur dalam tugasnya karena ikut terpapar virus Covid-19. Perjuangan para perempuan tersebut tentunya patut kita apresiasi, emansipasi mengantarkannya pada pengabdian terhadap bangsa ini. (Dodi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *