Polri Apps
banner 728x90

Sebelum Ramadhan Pembagunan Diminta Cepat Selesai Usai Kebakaran

Jakarta, Owntalk.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau langsung lokasi kebakaran di Jalan Sei Bilah, Kelurahan Sei Bilah , Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Jumat (26/3) sore. Sembilan rumah hangus dan tiga rusak dalam peristiwa kebakaran yang terjadi, Sabtu (13/3) lalu.

Untuk pembangunan kembali rumah warga yang menjadi korban kebakaran tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut telah memberikan bantuan berbagai material bangunan seperti besi, batu-bata, semen, seng dan sebagainya.

Gubernur Edy Rahmayadi meminta pembangunan kembali sembilan rumah korban kebakaran tersebut sudah selesai sebelum Bulan Suci Ramadan. “Kondisinya rusak parah, harus dibangun ulang. Harus selesai sebelum Ramadan, agar para korban sudah punya rumah saat puasa,” kata Edy Rahmayadi usai meninjau lokasi kebakaran.

Ada 12 kepala keluarga yang terdampak kebakaran ini, Edy Rahmayadi meminta masyarakat bersabar dan saling bahu-membahu membangun rumah. Bukan hanya membangun, Edy juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat agar menata perumahan di lokasi kebakaran agar lebih baik.

“Tidak ada gunanya kita salah menyalahkan, sekarang yang terpenting kita bangun rumah ini sama-sama agar cepat selesainya,” kata Edy, didampingi Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Riadil Akhir Lubis dan Kepala Dinas Sosial Sumut Rajali.

Wakil Bupati Langkat Syah Afandin mengapresiasi bantuan Pemprov Sumut untuk para korban kebakaran. Menurutnya, bantuan material bangunan dari Pemprov Sumut lebih dari cukup.

“Bantuan material dari Pemprov lebih dari cukup, bahkan dengan datangnya bantuan dari masyarakat kita merencanakan membangun 10 rumah. Selain itu, juga ada bantuan bahan makanan, pakaian, alat dapur dan alat sekolah. Kami sangat berterima kasih kepada Pak Gubernur dan juga seluruh masyarakat yang telah memberikan bantuan,” ucap Afandin.

Afandi mengatakan BPBD Pemprov Sumut dan Kabupaten Langkat bahu-membahu bersama TNI serta POLRI membangun rumah-rumah yang terbakar. “BPBD Provinsi dan Kabupaten ditambah masyarakat ada sekitar 60 orang yang akan membangun rumah korban, ada juga bantuan TNI dan Polri, kita harap selesai sebelum Ramadhan.”

Menurut keterangan salah satu korban kebakaran, Ismail, kebakaran terjadi dini hari sekitar pukul 03.00 WIB dari salah satu rumah warga, sehingga api tidak dapat cepat dipadamkan. Sembilan rumah hangus terbakar, walau ada enam mobil pemadam kebakaran yang berupaya menjinakkan api, beruntung tidak ada korban jiwa.

“Korban tidak ada, tapi barang habis semua, baju, peralatan sekolah anak, semuanya tinggal tersisa baju yang saya pakai,” kata ayah tiga anak, yang kesehariannya menarik becak ini.

Ismail berharap pembangunan rumah korban kebakaran cepat dilaksanakan. “Sekarang kami tinggal di rumah adik saya, maunya sebelum Ramadan telah siap, jadi pas puasa kami sudah di rumah,” ujarnya pria 75 tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *