Isi LDK Osis di SMK 01 Batam, Askarmin Ajarkan Konsep Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara

  • Bagikan
Berita KEgiatan KNPI Batam
Sekretaris Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Batam, Askarmin Harun S.Sos, M.Si, mengisi Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Osis di SMK 01 Batam

Batam, Owntalk.co.id – Sekretaris Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Batam, Askarmin Harun S.Sos, M.Si, mengisi Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Osis di SMK 01 Batam, Sabtu (27/2).

Dalam kegiatan tersebut, Sekretaris KNPI Kota Batam mengajarkan 3 konsep dasar Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara.

“Salah satu konsep yang dikenalkan oleh Ki Hajar Dewantara adalah Momong, Among, dan Ngemong yang kemudian dikembangkan menjadi tiga prinsip kepemimpinan di Taman Siswa: Ing Ngarsa Sung Tuladha (Didepan Memberi Contoh), Ing Madya Mangun Karsa (Ditengah Memberi Motivasi), dan Tut Wuri Handayani (Dibelakang Memberi Dorongan),” Kata Pembina Forum Osis Kota Batam ini kepada Owntalk.co.id.

“Pada dasarnya, konsep-konsep pendidikan itu mengutamakan cinta dan kasih sayang. Mendidik sebagaimana dilakukan orangtua atau Bapak dan Ibu kepada anak-anaknya sendiri,” lanjutnya.

Selain mengajarkan konsep kepemimpinan, Askarmin juga mengingatkan bahwa tantangan ke depan semakin berat bagi siswa-siswi. Butuh generasi yang berkualitas dan kompetitif di segala bidang untuk menciptakan situasi pendidikan yang positif di sekolah.

“Belum lagi, maraknya masalah-masalah remaja mulai dari narkoba, pergaulan bebas, kriminalitas, tawuran pelajar dan sebagainya mengharuskan siswa-siswi untuk waspada, menjaga diri dari hal-hal negatif agar tidak terjebak pada persoalan-persoalan remaja tersebut,” sebutnya.

“Oleh karena itu, jiwa kepemimpinan yang bernilai kemanusiaan harus selalu dipupuk dan dikembangkan, sehingga dapat mempersempit ruang gerak berkembangnya masalah remaja di sekolah, tentunya dengan jalan mengajak, mengingatkan dan memotivasi mereka (Siswa-siswi). Dan itu adalah tanggung jawab kita semua,” Harapnya.

(Amo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *