Polri Apps
banner 728x90
Berita  

Awasi Penyelundupan, Bea Cukai Kepri Perkuat Sinergi Dengan Polda

berita terkini batam
Petugas lakukan Patroli Sinergi antara Bea Cukai dan Polda Kepri.(Foto: Owntalk)

Tanjung Balai Karimun, Owntalk.co.id – Bea Cukai Kepulauan Riau yang diwakili oleh KPPBC TMP B Tanjung Balai Karimun menggelar operasi bersama dengan Polda Kepri di wilayah Karimun.

Operasi Bersama yang dihadiri Satpolairud Polres Karimun ini dilakukan guna mengawasi penyelundupan dan menekan peredaran barang illegal yang marak terjadi di wilayah perairan Karimun.

Kepala Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau, Agus Yulianto, menjelaskan bahwa operasi bersama ini dilakukan sebagai bentuk komitmen DJBC untuk terus bersinergi dengan instansi penegak hukum lainnya dalam rangka mengawasi dan menindak setiap upaya penyelundupan di wilayah peraiaran Selat Malaka, khususnya perairan Karimun.

Selain itu, Ia menambahkan bahwa sebagai langkah nyata dalam mencegah tindak pidana penyelundupan tersebut, maka operasi rutin adalah hal yang semestinya dilakukan.

“Adanya operasi yang dilakukan secara rutin baik mandiri maupun melalui joint sinergi bersama dengan instansi penegak hukum lainnya, diharapkan akan melindungi masyarakat dari dampak buruk penyelundupan itu sendiri, sehingga secara tidak langsung
kita dapat mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat agar lebih baik”. jelas Agus Yulianto

Selain itu, Adanya sinergitas dengan Instansi lain, Agus berharap adanya pertukaran data dan informasi dilapangan.

“Kita dapat melakukan pertukaran data dan informasi terkait pelaksanaan patroli laut di bidang kepabeanan dengan instansi lainnya. Selain itu, dengan adanya sinergi seperti ini dapat meningkatkan kemampuan para petugas kita di lapangan baik dari sisi kemampuan teknis dan taktis operasi di laut,” pungkas Agus.

Seperti yang diketahui, operasi ini merupakan operasi yang juga telah dilakukan oleh Bea Cukai Batam dengan Ditpolair Polda Kepri. Sebelumnya, telah dilakukan koordinasi dengan Satuan Polair masing-masing Polres dengan membahas teknis operasi, jadwal,
dan wiayah yang menjadi objek pengawasan. Patroli bersama ini berpedoman kepada petunjuk operasi masing-masing unit. Pelaksaan apel pembuka operasi sinergi ini dilakukan di Pelabuhan Sandar Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Batam.[ACk]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *