Polri Apps
banner 728x90

Ekonomi Kepri Turun Drastis, Terparah Se-Sumatera

berita terkini batam
Peta Kepri (Foto: Owntalk)

Batam, owntalk.co.id – Pada Triwulan ke II 2020, Pertumbuhan ekonomi mengalami penurunan signifikan mencapai 6,66 persen (YoY). Kondisi ini menghantarkan Kepri sebagai Provinsi dengan penuranan ekonomi terendah se-Sumatera.

Bahkan jika dibandingkan secara nasional, Penurunan ekonomi Kepri bahkan lebih tinggi sebesar 5,32 persen (YoY).

Wakil Koordinator Himpunan Kawasan Industri (HKI) Kepulauan Riau (Kepri) Tjaw Hoeing menuturkan, penurunan pertumbuhan ekonomi Kepri ini karena banyak sektor di Industri lumpuh, utamanya sektor pariwisata yang mengandalkan kedatangan wisatawan mancanegara (Wisman) dari Singapura sebagai hub.

“Hanya industri manufaktur yang jalan. Selain itu semuanya lumpuh,” kata Tjaw saat dihubungi, Rabu (5/8/2020).

Semester I tahun 2020 ini tingkat hunian hotel di Kota Batam masih berada di angka di bawah 10 persen. Kondisi ini tidak berbeda jauh dengan masa awal Pandemi Covid-19 mengganggu stabilitas global, khususnya Batam pada bulan April hingga Juni 2020 lalu.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batam, Mansyur menuturkan dari 75 hotel yang tutup akibat pandemi Covid-19 pada semester 1 2020 lalu. Saat ini, memang tinggal sekitar 5 hotel yang masih belum beroperasi dari 233 hotel di Batam. Namun tingkat hunian masih tidak berubah.

Menghadapi kondisi seperti ini, mereka berharap agar pemerintah memberikan dukungan yang kuat untuk membalikkan keadaan itu. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *