Polri Apps
banner 728x90

BPKM: 17 Juta Orang Sekarang Cari Kerja

berita terkini batam
pencari kerja, (Foto: Owntalk)

Jakarta, owntalk.co.id – Bahlil Lahadalia selaku Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebut adanya 17 juta pencari kerja di Indonesia.

Tujuh juta dari total 17 juta tersebut adalah pengangguran. Berikutnya, angkatan kerja setiap tahunnya sebanyak 2,5 juta. Dan, pencari kerja yang berasal dari korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karena pandemi Covid-19 sebanyak kurang lebih 7 juta orang.

“Maka kurang lebih sekitar 16 juta hingga 17 juta orang sekarang yang siap cari kerja.” ujarnya dalam diskusi virtual, Selasa (4/8/2020). Dilansir dari CNN Indonesia.

Menurut Bahlil, tidak ada opsi selain menciptakan lapangan kerja. Ia menyatakan, investasi adalah solusi masalah ini. Ia mengklaim, BKPM terbuka untuk jenis investasi yang masuk, asalkan sesuai dengan persyaratan pemerintah. Dan, dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi pencari kerja.

“Jadi kalau dulu kami masih pilih-pilih, sekarang dengan Covid-19 ini yang penting investasi masuk, lapangan pekerjaannya bisa tercipta. Rumusnya 17 juta itu harus betul-betul dapat (kerja),” terangnya.

Ke depan, pemerintah akan fokus ke lima sektor pendorong investasi. Sektor-sektor tersebut yaitu:

1. alat kesehatan

2. energi

3. pertambangan

4 manufaktur

5. teknologi

“Untuk investasi ke depan berorientasi pada nilai tambah. Demokrasi ekonomi dan investasi inklusif adalah suatu keharusan,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *