Catatan Wakil Ketua MPR Untuk Ekonomi Indonesia

  • Whatsapp
Fadel Muhammad, doc: Google

Jakarta, owntalk.co.id – Tak hanya soal kesehatan, menurut Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad Covid-19 juga menyerang ekonomi.

Dampak ekonomi ini, menurutnya, menyebabkan tiga masalah besar yang harus segera diselesaikan di Indonesia agar perekonomian pulih.

“Pertama, diminta agar dana pemerintah baik di pusat atau daerah harus cepat bergulir. Saat ini dana yang bergulir masih di bawah 30% padahal sudah setengah tahun. Seharusnya dana yang bergulir sudah 60%,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/7/2020). Dilansir dari DETIK.

Kedua, menurutnya, UMKM perlu penanganan sendiri. Pemerintah sekarang telah gelontorkan dana sebesar Rp 30 triliun. Oleh perbankan, sudah dilipatgandakan dan direalisasikan. Namun, dana tersebut belum cukup.

“Masih banyak keluhan dari bank-bank bahwa usaha kecil dan menengah perlu untuk lebih mendapat perhatian tersendiri,” jelasnya.

Ketiga, menurut Fadel, saat ini Indonesia menghadapi masa yang rancu. Kebingungan banyak terjadi pada masyarakat,seperti: takut beraktivitas atau mengadakan kegiatan karena adanya wabah COVID-19.

“Ketika masyarakat tidak beraktivitas maka hal yang demikian membuat demand dalam perekonomian menjadi tidak ada. Hotel kosong, restoran kosong, dan pusat-pusat jasa lainnya juga kosong,” tuturnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *