40 Dari 50 Santri Gontor Dinyatakan Sembuh Dari Covid-19

  • Whatsapp
Ilustrasi pondok pesantren, doc: Google

Jakarta, owntalk.co.id – Amal Fathullah Zarkasyi selaku Rektor Universitas Darussalam Gontor,  menyebut terdapat 50 santri Ponpes Modern Gontor dinyatakan positif Covid-19. 40 diantaranya telah dinyatakan sembuh.

Seluruh santri telah dirawat di rumah sakit di Surabaya dan Ponorogo guna ditangani lebih lanjut.

“Total yang positif 50 orang santri, tapi 40 santri sudah sembuh, yang sembuh tetap kita karantina di pondok pesantren, yang sakit masih dirawat,” ujar Amal pada siaran langsung BNPB, Selasa (21/7/2020).

Akibat kasus positif, protokol kesehatan semakin disiplin diterapkan santri dan pengajar. Ponpes juga telah sediakan kendaraan untuk santri yang pulang atau pergi dari pondok agar tidak perlu transportasi umum.

“Alhamdulillah kita pakai protokol kesehatan semenjak ada Covid-19, pulang dan pergi dari pondok kita siapkan kendaraan sehingga mereka tidak menggunakan transportasi umum,” terangnya.

Sebelumnya, Pondok Pesantren Modern Gontor 2 yang berlokasi di wilayah Kecamatan Siman, Ponorogo, Jawa Timur, diisolasi. Pengisolasian itu diakibatkan satu santri terkonfirmasi positif Covid-19.

Santri asal Sidoarjo tersebut datang ke pondok pada 17 Juni, tanpa surat keterangan hasil pemeriksaan.

Dua pekan kemudian, Dinkes Jatim mengkonfirmasi jika bapak dari santri tersebut positif Covid-19. Dinkes Ponorogo kemudian melakukan tes usap pada santri asal Sidoarjo tersebut dan didapatkan hasil positif.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *