Polri Apps
banner 728x90

Padat Karya, Jokowi Siap Keluarkan 11,3 triliun

berita terkini batam
Ilustrasi Prpgram Padat Karya, (foto: owntalk)

Batam, Owntalk.co.id – Dana sebesar Rp11,3 triliun siap dikeluarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dana ini untuk mengerjakan program padat karya secara Nasional di 23.392 lokasi.

“Diperkirakan terdapat kurang lebih 612.956 pekerja setempat yang dapat diberdayakan dalam program ini,” terang Jokowi dalam kunjungan kerja di Kalimantan Tengah, Kamis (9/7). Dikutip dari CNNIndonesia.

Sebelumnya, Jokowi telah menginstruksikan Kementerian/Lembaga untuk menekankan program padat karya tunai. Hal ini bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakqt sekaligus membuka lapangan pekerjaan di masa pandemi.

“Saya ingin menekankan kepada seluruh menteri untuk memperbanyak program-program yang sifatnya padat karya tunai,” ucap Jokowi.

Terkhusus Kalimantan, Ia menyiapkan dana Rp865,35 Miliar untuk program padat karya tunai. Dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan pengerjaan di 1.537 lokasi.

Selain itu, Pemerintah juga menyiapkan anggaran Rp695,2 Triliun untuk penanganan pandemi virus corona. Sebagian besar dana disalurkan untuk bantuan sosial (bansos), yaitu sebesar Rp203,9 Triliun.

Dana sebesar Rp123,46 Triliun pun dialokasikan untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Juga untuk insentif usaha Rp120,61 triliun, Kementerian/Lembaga atau Pemerintah

Sayangnya, pembiayaan korporasi belum terealisasi. Hingga sekarang, pemerintah masih menyelesaikan skema dukungan dan regulasi, serta Infrastruktur pendukung sebelum memberikan pembiayaan bagi korporasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *