Polri Apps
banner 728x90

WHO Konfirmasi Penularan Covid-19 Melalui Udara

berita terkini batam
Ilustrasi Covid-19 (foto: owntalk)

Jenewa, Owntalk.co.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengkonfirmasi bukti bahwa virus corona menyebar lewat udara. Sebelumnya, peneliti mendesak WHO mengubah panduan tentang penyebaran Covid-19.

Sebelumnya, WHO menyatakan virus corona menyebar umumnya menyebar melalui droplet yang keluar dari hidung dan mulut orang yang terinfeksi.

“Kami sudah membicarakan tentang kemungkinan penyebaran lewat udara dan aerosol sebagai salah satu cara penyebaran Covid-19.” ungkap Maria Van Kerkhove selaku kepala teknis pandemi Covid-19 di WHO.

Melalui surat terbuka untuk WHO yang dirilis di jurnal Clinical Infectious Diseases, 239 peneliti dari 32 negara membuktikan bahwa partikel virus yang mengapung di udara berkemungkinan menginfeksi orang yang menghirupnya.

“Kemungkinan penyebaran lewat udara di tempat publik, terkhusus dalam kondisi sangat padat, tertutup, ventilasi buruk. Seperti yang disebutkan, tidak bisa diabaikan,” papar Benedetta Allegranzi, kepala teknis WHO untuk pencegahan dan kontrol infeksi.

Menurutnya, bukti tentang penyebaran virus corona lewat udara memang ada, namun tidak definitif.

“walaupun begitu, bukti perlu dikumpulkan dan diterjemahkan. Dan kita terus mendukung ini,” kata dia. (Khatmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *