Polri Apps
banner 728x90

Wakapolda Kepri Turunkan 350 Relawan Peduli Laut di Pulau Penawar Rindu

berita terkini batam
(foto: owntalk)

Batam, owntalk.co.id – Menjadi kegelisahan tersendiri bagi Wakapolda Kepri, Brigjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H ketika melihat kondisi laut Belakang Padang yang mulai tercemari oleh sampah organik dan unorganik.

Sampah itu mengambang dan merusak pemandangan mata para wisatawan yang berkunjung ke pulau Penawar Rindu itu.

“ Kita harus buang jauh-jauh tabiat tak baik itu, laut Belakang Padang adalah kekayaan alam kita yang harus dijaga,” pesan Wakapolda Kepri kepada seluruh Relawan Laut sebelum bergerak ke Belakang Padang. Rabu, (11/3/2020). 

Pembina Melayu Raya itu menurunkan sedikitnya 350 relawan yang berasal dari Melayu Raya Batam, Polsek Belakang Padang, Polairud, TNI, Posal, Babinsa, Perpat kota Batam, Staf Kecamatan, Pelajar SMP dan SMA di Belakang Padang. 

Seluruh relawan tersebut berjibaku membersihkan laut Belakang Padang dari sampah-sampah plastik dan botol yang mengapung.

Selain mengumpulkan sampah, Perhimpunan Melayu Raya Batam juga menghibahkan puluhan Tong Sampah kepada kecamatan Belakang Padang.

Kapolsek Belakang Padang, AKP Sulam, SH kepada owntalk.co.id mengatakan bahwa kegiatan hari itu digagas oleh Melayu Raya Batam. Pihaknya hanya mendampingi dan mensukseskan kegiatan bersih-bersih laut kepri itu. 

“ Sebelumnya kami sudah melakukan kegiatan serupa beberapa waktu lalu, kini melanjutkan pembersihan dengan Melayu Raya,” kata dia pada owntalk.co.id 

Sulam mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah dilaut. Sosialiasi itu dipertegas dengan melakukan penandatangan kesepakatan bersama.

“ Itu bentuk komitmen kami dengan masyarakat untuk sama-sama tidak membuang sampah dilaut Belakang Padang,” tutup dia 

Sementara itu, Hazarin Firda kordinator Melayu Raya Batam mengatakan bahwa kegiatan ini digagas oleh Wakapolda Kepri untuk misi melindungi laut di kepulauan Riau. Menurutnya, selepas kegiatan ini, pihaknya juga akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah kelaut.

“ Selepas membersihkan laut ini, kami akan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menjaga laut yang telah dibersihkan,” jelasnya 

Nantinya, Anggota Melayu Raya di Belakang Padang juga akan terus mengingatkan masyarakat untuk tidak membuang sampah dilaut.

Tak hanya membersihkan sampah di Belakang Padang, Kasat Pol Airud Polresta Barelang, AKP Syamsul Rizal mengatakan kegiatan ini juga akan bersamaan dengan penanaman mangrove sebanyak 200 pohon disekitar laut Belakang Padang.

“ Kegiatan ini ditutup dengan menanam 200 pohon mangrove diseputar laut Belakang Padang.” Tutup lelaki yang juga salah satu Pembina Melayu Raya Batam. (Ack)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *