Polri Apps
banner 728x90

Bawaslu Lingga Berikan Pendidikan Pengawas Partisipatif Jelang Pilkada 2024

Para peserta. (Sumber. Yud)

Lingga, Owntalk.co.id – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lingga menggelar sosialisasi pendidikan pengawasan partisipatif kepada puluhan mahasiswa dan pelajar yang berusia di atas 17 tahun.

Sebanyak 60 peserta, yang terdiri dari berbagai kalangan organisasi pelajar dan mahasiswa, mengikuti kegiatan ini sejak Sabtu, 20 Juli hingga Senin, 22 Juli 2024.

Pendidikan pengawas partisipatif ini bertujuan memberikan edukasi dan informasi terkait tugas dan peran partisipasi masyarakat dalam mencegah serta menindaklanjuti kecurangan pada pelaksanaan Pilkada serentak 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Lingga, Fidya Asrina, melalui Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Hubungan Masyarakat dan Partisipasi Masyarakat (P2H) Bawaslu Lingga, Ijuanda, mengatakan bahwa kegiatan ini juga sebagai bekal bagi para peserta pengawas Pilkada calon Bupati dan Wakil Bupati Lingga.

“Hal ini juga untuk mengoptimalkan bekal bagi para peserta pengawas pemilu dalam pengawasan pelaksanaan Pilkada mendatang,” ungkap Ijuanda, Sabtu, (20/07/2024).

Pengawas Partisipatif ini dimaksudkan untuk menyampaikan pesan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam Pemilu dan masyarakat pada umumnya, bahwa betapa besar dan luasnya gerakan ini.

Sementara itu, menurut salah seorang peserta, Zavid, kegiatan yang berlangsung saat ini merupakan bekal tambahan dalam pengetahuan tentang kepemiluan Pilkada.

“Seru, karena sangat membantu dalam memberikan wawasan serta pengetahuan terkait kepemiluan, terutama pada Pilkada nanti,” ujar Zavid kepada Media Ini.

Dengan demikian, diharapkan gerakan ini akan memicu partisipasi masyarakat agar lebih peduli terhadap Pemilihan Kepala Daerah yang akan datang beberapa bulan mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *