Polri Apps
banner 728x90

Upaya Peningkatan Layanan Kesehatan Mental di Lingga: Dinkes-PPKB Gelar Pelatihan Tenaga Kesehatan Terpadu Kesehatan Jiwa

Peserta Pelatihan kesehatan jiwa.

Lingga, Owntalk.co.id – Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kesehatan mental, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kabupaten Lingga melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, mengadakan Pelatihan Tenaga Kesehatan Terpadu Kesehatan Jiwa. Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 3 hingga 8 Juni 2024 di Kota Batam.

Wirawan Trisna Putra, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes-PPKB Lingga, menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan hasil kerjasama dengan Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Batam.

“Tujuan Pelatihan Tenaga Kesehatan Terpadu Kesehatan Jiwa adalah agar puskesmas memiliki tenaga kesehatan terlatih khusus kesehatan jiwa, serta melaksanakan upaya promotif dan preventif terkait kesehatan jiwa,” ujar Wirawan pada Kamis, (06/06/2024).

Pelatihan ini dirancang untuk membekali peserta dengan kemampuan dalam melakukan deteksi dini, penegakan diagnosis, serta penatalaksanaan awal dan pengelolaan rujukan kembali bagi kasus gangguan jiwa.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah dokter dan perawat yang bertugas di puskesmas se-Kabupaten Lingga.

Wirawan berharap, “Dengan adanya pelatihan ini, Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) di Kabupaten Lingga dapat ditangani lebih dini, sehingga pencegahan terhadap kondisi lebih serius yaitu Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) bisa diwujudkan,” tuturnya.

Tidak hanya itu, selain memberikan pelatihan kesehatan jiwa bagi tenaga kesehatan Kabupaten Lingga, Dinkes-PPKB Lingga juga mengadakan Pelatihan Mikroskopis Malaria, yang juga bekerjasama dengan Bapelkes Batam.

Dalam hal ini, Dinkes Lingga serius dalam merealisasi gagasan dan rencananya untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas serta kualitas layanan kesehatan di Kabupaten Lingga.

Dengan inisiatif ini, Dinkes-PPKB Lingga berharap dapat membawa perubahan positif dalam penanganan kesehatan mental di wilayahnya, serta memberikan manfaat jangka panjang bagi seluruh masyarakat Kabuapten Lingga dalam menghadapi tantangan kesehatan jiwa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *