Polri Apps
banner 728x90

Jokowi Tinjau Kesiapan Lapangan Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Potret saat Presiden RI Joko Widodo meninjau lapangan upacara HUT Ke-79 RI di IKN. (Dok; Sekretariat Presiden)

Jakarta, Owntalk.co.id – Presiden Joko Widodo kembali meninjau kesiapan lapangan upacara yang akan digunakan untuk peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024).

Lokasi upacara terletak di halaman Istana Negara Nusantara yang sedang dalam tahap pembangunan.

Lapangan upacara tersebut kini sudah tertutup rumput hijau, memberikan kesan asri dan siap digunakan. Presiden Jokowi memastikan persiapan HUT ke-79 RI berjalan lancar tanpa kendala berarti.

“Persiapan 17-an sudah hampir final, tidak ada masalah di lapangan,” ujar Presiden Jokowi dalam siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu.

Selain mengecek kesiapan fisik lapangan, Presiden Jokowi juga memeriksa tata cara teknis upacara untuk memastikan segala sesuatunya berjalan sempurna. Kepala Negara menegaskan bahwa perkembangan pembangunan infrastruktur tahap pertama di IKN sudah mencapai 80 persen.

“Dengan progres ini, saya yakin bisa berkantor di IKN sebelum 17 Agustus 2024,” tegasnya.

Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Diana Kusumastuti, menyatakan target penyelesaian pembangunan Istana Presiden di IKN adalah pada Juli mendatang.

“Kami terus melakukan pemeliharaan agar Istana dapat digunakan tepat waktu,” kata Diana.

Ia optimis, interior Istana akan siap pada akhir Juli sehingga bisa digunakan untuk acara zikir nasional pada 1 Agustus dan upacara HUT RI pada 17 Agustus.

Kunjungan ini bukan kali pertama Presiden Jokowi meninjau lapangan upacara di IKN. Sebelumnya, pada 29 Februari 2024, ia juga memastikan kesiapan lokasi tersebut.

Komitmen dan perhatian Presiden terhadap pembangunan IKN menunjukkan betapa pentingnya keberhasilan proyek ini sebagai simbol masa depan Indonesia yang lebih maju.

Dengan persiapan yang hampir rampung dan koordinasi yang matang, upacara HUT ke-79 RI di IKN diharapkan akan berlangsung meriah dan khidmat, mencerminkan semangat kemerdekaan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Event ini juga akan menandai babak baru dalam sejarah Indonesia, dengan peringatan hari kemerdekaan pertama di Ibu Kota Nusantara yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *