Polri Apps

PPID Kota Batam Studi Banding ke PPID Utama Kepri

Kunjungan PPID Kota Batam ke Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Provinsi Kepri.

Tanjungpinang, Owntalk.co.id – Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Provinsi Kepri mendapat kunjungan dari PPID Kota Batam, bertujuan untuk membahas dan berkonsultasi mengenai penguatan tata kelola PPID dan layanan informasi publik di Pemerintah Kota Batam.

Sub Koordinator Layanan Informasi Publik, Ummil Khalish, yang mewakili Kepala Dinas Kominfo Kepri, Hasan, S.Sos, menyambut kunjungan PPID Kota Batam dengan apresiasi. Ummil mengungkapkan terima kasih atas keseriusan PPID Pemko Batam dalam melakukan perbaikan pada PPID dan pelayanan informasi kepada masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih dan menyambut baik kunjungan teman-teman PPID Kota Batam ke PPID Utama Provinsi Kepri. Diskusi dan konsultasi ini menunjukkan keseriusan PPID Pemko Batam untuk terus melakukan pembenahan pada PPID dan pelayanan informasi bagi masyarakat,” ucap Ummil.

Sesampainya di PPID Utama Provinsi Kepri pada Kamis (14/12), rombongan PPID Kota Batam langsung diarahkan untuk mengisi buku tamu elektronik dengan fitur-fitur dan petunjuk yang memudahkan setiap tamu.

Buku tamu digital ini dirancang untuk digunakan tanpa bantuan, meminta tamu mengisi kolom-kolom yang mencakup nama, alamat, nomor telepon, tujuan kunjungan, dan ditutup dengan mengklik fitur foto wajah.

Diskusi dimulai dengan perkenalan terhadap ruang kerja PPID Kepri dan sistem kerja yang telah meraih anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik kategori Pemerintah Provinsi selama dua tahun berturut-turut. Ummil juga menjelaskan bagaimana Tim PPID Utama melaksanakan monitoring evaluasi (Monev) untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kepri.

Tahun 2023 mencatat dua OPD yang berhasil meraih predikat Informatif, yaitu Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepri dan Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemprov Kepri, sementara yang lain masuk dalam kategori Cukup Informatif dan Menuju Informatif.

Arreza Mulyo Prabowo, Sub Koordinator Persandian yang memimpin rombongan PPID Kota Batam, memberikan pujian terhadap cara kerja Tim PPID Utama Kepri.

“Kami senang sekali bisa berkunjung ke kantor PPID Utama Kepri ini. Terutama melihat layanan informasi yang diputar pada 10 TV itu. Mudah-mudahan nanti PPID kami bisa juga seperti ini,” ungkapnya.

Kunjungan ini dijadikan kesempatan untuk mendapatkan bimbingan, konsultasi, visitasi, dan pendampingan dalam melaksanakan Monev, baik melalui pertemuan tatap muka maupun zoom meeting.

Arreza juga menyampaikan harapannya agar PPID Utama Kepri dapat mengaktifkan Forum PPID Kabupaten/Kota sebagai platform koordinasi dan kerjasama untuk pengembangan sumber daya antar anggota/admin PPID dalam pengelolaan informasi dan dokumentasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *