KAI Ingatkan agar tidak Bagikan Kode Booking Tiket KA ke Medsos

Penumpang KAI tengah memeriksa tiket di loket box. (Dok; KAI)

Jakarta, Owntalk.co.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan penjelasan terkait informasi viral di media sosial mengenai pembatalan tiket oleh pihak yang tidak berhak melalui Loket Box di Stasiun Cimahi pada Senin (13/11/2023).

Berdasarkan informasi yang diterima, pemilik tiket diduga telah membagikan kode booking-nya di salah satu grup percakapan, yang kemudian disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Joni Martinus, VP Public Relations KAI, menjelaskan bahwa tiket tersebut sebenarnya tidak dibatalkan, melainkan di-reschedule (diubah jadwal perjalanannya). Tiket awalnya tercatat sebagai KA Harina relasi Bandung – Surabaya Pasar Turi dengan keberangkatan pada 13 November 2023.

Namun, seseorang yang tidak bertanggung jawab melakukan reschedule menjadi KA Ciremai relasi Cimahi – Semarang Tawang Bank Jateng dengan keberangkatan pada 14 November 2023.

Akibatnya, pemilik tiket ditolak di gate boarding karena tanggal dan relasi KA tidak sesuai.

Joni menekankan pentingnya menjaga privasi kode booking tiket kereta api yang didapat setelah proses pembayaran. Kode booking merupakan informasi vital yang harus dijaga kerahasiaannya, terutama saat proses boarding, pembatalan, atau perubahan jadwal.

KAI menyayangkan tindakan ini yang merugikan pemilik kode booking. Perusahaan menegaskan bahwa prosedur pembatalan dan perubahan jadwal telah memperhatikan tingkat keamanan dan kemudahan pelanggan.

Saat ini, KAI aktif mencari terduga pelaku yang tertangkap oleh CCTV saat mengakses proses kode booking di Loket Box Stasiun Cimahi.

Adapun tahapan dari proses perubahan jadwal tiket kereta api di Loket Box sebagai berikut:

  1. Pilih tombol Ubah Jadwal perjalanan tiket KA,
  2. Masukkan kode booking yang akan diubah jadwal,
  3. Masukkan relasi baru,
  4. Pilih tanggal keberangkatan baru.

Sedangkan tahapan proses pembatalan tiket kereta api di Loket Box sebagai berikut:

  1. Pilih tombol Pembatalan tiket KA,
  2. Masukkan kode booking dan nomor ID penumpang,
  3. Pilih nama penumpang yang akan dibatalkan,
  4. Isi data pengembalian dana,
  5. Metode refund dilakukan secara transfer.
Exit mobile version