Polri Apps
banner 728x90

Ansar Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional 2023 Tingkat Provinsi

Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 Tingkat Provinsi Kepri, di Lapangan Mega Techno City Batu Besar Nongsa Kota Batam, Selasa (2//5/2023).

Batam, Owntalk.co.id – Gubernur Kepri Ansar Ahmad memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 Tingkat Provinsi Kepri yang diadakan di Lapangan Mega Techno City Batu Besar Nongsa Kota Batam, Selasa (2/5/2023).

Tema Hardiknas Tahun 2023 adalah ‘Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar’ dan diikuti oleh utusan perwakilan pelajar, guru, dan tenaga kependidikan dari tingkat SMA/SMK/SLB se-Kota Batam.

Sebagai Inspektur Upacara, Gubernur Ansar membacakan amanat dari Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudtistek) RI, Nadiem Makarim mengatakan bahwa, selama dua tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi bersama yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

“Kita mungkin tidak pernah membayangkan bahwa kita semua dapat mengatasinya. Hari ini, saudara-saudariku adalah bukti. Bukti bahwa kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba. Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdidi di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan,” kata Ansar.

GuAnsar juga menyampaikan bahwa di tengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar yang telah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia selama tiga tahun terakhir. Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran.

“Saat ini, Kurikulum Merdeka telah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan. Anak-anak kita juga tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena Asesmen Nasional yang sekarang kita gunakan tidak bertujuan untuk menghukum gurdu atau murid, tetapi berbagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar,” jelas Ansar.

Ansar menekankan bahwa program Merdeka Belajar merupakan program unggulan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI yang bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada setiap peserta didik dalam menentukan jenjang, jalur, dan program pembelajaran yang sesuai dengan minat, bakat, dan potensi masing-masing. Hal ini menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, inovatif, dan bermakna.

Selain itu, Gubernur Ansar juga menyerahkan sejumlah penghargaan, seperti Prestasi Siswa-Siswi Tingkat Nasional Tahun 2022, Daftar Nama Industri Mitra SMK yang Berperan Aktif dalam Pengembangan Vokasi SMK di Provinsi Kepri, serta Daftar Peserta Guru Berprestasi Provinsi Kepri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *