Jokowi Hadiri Upacara Serah Terima Pesawat C-130J Super Hercules A-1339

Presiden Joko Widodo menghadiri serah terima pesawat C-130J Super Hercules A-1339 di Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma, Rabu (8/3/2023). (Dok; Deticom)

Jakarta, Owntalk.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri upacara serah terima pesawat C-130J Super Hercules A-1339 di Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma pada hari Rabu, 8 Maret 2023.

Acara ini dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi, termasuk Menha Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kasau Marsekal Fadjar Prasetyo, dan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid.

Jokowi dan beberapa pejabat lainnya melakukan pengecekan interior pesawat dan kemudian menyaksikan penyerahan replika kunci C-130J Super Hercules A-1339 dari Menhan Prabowo ke Panglima TNI Laksamana Yudo.

Jokowi kemudian membuka tirai berlambang merah dan putih di jendela pesawat sebagai tanda bahwa Pesawat C-130J Super Hercules A-1339 resmi diterima oleh Indonesia.

Setelah itu, Jokowi melakukan pemecahan kendi di bagian ban depan pesawat dan menyiram air bunga ke moncong pesawat, yang juga dihadiri oleh Prabowo Subianto.

“Pesawat ini sangat canggih dan dapat mengangkut 98 pasukan dengan parasut atau 128 pasukan tanpa parasut, serta dapat mengangkut beban hingga 19,9 ton. Bukan hanya itu pesawat ini juga bagus untuk beroperasi militer dan kegiatan kemanusian lainnya, dapat juga menjangkau seluruh wilayah Indonesia dengan waktu terbang 11 jam,” kata Jokowi

Jokowi menambahkan bahwa Indonesia telah memesan lima pesawat Super Hercules dan akan diterima secara bertahap. Satu pesawat diterima pada saat ini, sementara empat pesawat lainnya akan tiba pada bulan-bulan berikutnya, yaitu satu pada bulan Juni, satu pada bulan Juli, satu pada bulan Oktober, dan satu pada bulan Januari.

Exit mobile version