Sebelum Heboh ChatGPT, Kominfo Sudah Gelar Pelatihan Chatbot Dua Tahun Lalu

Ilustrasi Chatbot

Jakarta, Owntalk.co.id – Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menggelar pelatihan pembuatan program chatbot dalam program Profesional Academy, Digital Talent Scholarship (DTS) pada tahun 2021.

Pelatihan ini diadakan untuk meningkatkan kompetensi para profesional atau generasi muda yang sudah bekerja minimal dua tahun.

“Sebenarnya pelatihan chatbot sudah dilakukan dua tahun yang lalu dengan menggunakan fungsi-fungsi rule dan jawaban yang sudah diatur,” jelas Kepala Balitbang SDM Kominfo, Hary Budiarto dalam pembukaan Pelatihan Fresh Graduate Academy Batch 1 Tahun 2023, Jakarta, Senin (6/3/2023).

Namun, dengan adanya chatbot baru seperti ChatGPT, pelatihan ini menjadi lebih menarik karena ChatGPT tidak memerlukan rule dan mampu menjawab pertanyaan dengan menggunakan semua data yang dimasukkan ke dalamnya.

Balitbang SDM Kominfo juga mengadakan tiga pelatihan lainnya, yaitu Fresh Graduate Academy (FGA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), dan Talent Scouting Academy (TSA). Keempat pelatihan tersebut ditujukan untuk mencetak talenta digital dari generasi milenial dan generasi Z di Indonesia yang kompeten dalam industri digital.

“Jadi ada empat akademi dalam segmen yang kita namakan generas Z dan generasi Y atau generasi milenial,” imbuh Hary.

Kementerian Kominfo juga berusaha mencetak talenta digital muda melalui Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta dengan tujuan agar pendidikan vokasi dapat mencocokkan kebutuhan industri dan membantu siswa untuk langsung mendapatkan pekerjaan.

Melalui program-program ini, Kementerian Kominfo berharap dapat mencetak talenta digital yang dapat memenuhi kebutuhan industri dan membantu memajukan industri digital di Indonesia.

Exit mobile version