Berita  

Kominfo RI Adakan Webinar di Seluruh SD dan SMP Kabupaten Kampar

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin (27/2/2023).

Riau, Owntalk.co.id – Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau kembali digelar. Webinar dengan tema “Yuk, Cintai Produk Dalam Negeri” ini dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 27 Februari 2023 pukul 14.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI dengan seluruh SD dan SMP se-Kabupaten Kampar, yang akan melibatkan para siswa sebagai audiensnya.

Webinar ini diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI dengan tujuan untuk mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif mereka untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Hal ini menjadi sangat penting mengingat hasil survei literasi digital pada tahun 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih rendah, yaitu sebesar 3,47 dari skala 1 hingga 4.

Webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo RI ini menjadi agenda strategis dan krusial dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia untuk beraktifitas di ranah digital.

Pada webinar ini, beberapa narasumber yang berkompeten dalam bidangnya akan memperbincangkan tentang 4 pilar literasi digital, yakni Digital Culture, Digital Ethic, Digital Safety dan Digital Skill.

Webinar ini akan membahas mengenai pentingnya mencintai produk dalam negeri, yang berarti memiliki sikap bangga menggunakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan dan kelompok usaha di negara sendiri. Seiring dengan intensnya para pelajar beraktivitas di ruang digital, muncul satu kebiasaan baru dalam hal berbelanja, yaitu belanja online.

Oleh karena itu, kesadaran mencintai produk dalam negeri harus menjadi kesadaran, agar bangsa kita tidak dibanjiri produk-produk import seiring kemudahan-kemudahan berbelanja.

Bagi pelajar, cara mencintai produk dalam negeri yang tepat adalah dengan mengikuti promosi cinta produk Indonesia di tempat umum, menggunakan produk sepatu dan baju lokal, memasarkan produk Indonesia ke negara lain, serta memproduksi barang-barang lokal yang berkualitas. Dengan begitu, para pelajar dapat membantu para UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Kegiatan Literasi Digital Sektor Pendidikan di Provinsi Riau merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kemenkominfo RI untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa, atau sekitar 73,7 persen dari total jumlah penduduk Indonesia saat ini yang mencapai 274,9 juta jiwa.

Adapun Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram: @literasidigitalkominfo (https://www.instagram.com/literasidigitalkominfo/), Facebook Page: Literasi Digital Kominfo / @literasidigitalkominfo (https://www.facebook.com/literasidigitalkominfo), Youtube: @literasidigitalkominfo (https://www.youtube.com/@literasidigitalkominfo ).

Exit mobile version