Tol Trans Sumatera, Diharapkan Muncul Pertumbuhan Ekonomi Baru

Salah satu ruas Tol Trans Sumatera. (Dok; PT. Utama Karya)

Jakarta, Owntalk.co.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berharap, Jalan Tol Trans Sumatera yang diproyeksikan menyambungkan ujung Aceh hingga Lampung bisa memunculkan pertumbuhan ekonomi baru di sepanjang kawasan yang dilaluinya.

“Mimpi besar kita menyambungkan Sumatera, dari ujung Aceh hingga Lampung. Harapannya, bisa muncul pertumbuhan ekonomi baru di wilayah-wilayah yang dilalui tersebut,” ungkap Erick Thohir, Jakarta, Senin (23/1/2023).

Erick Thohir mengatakan, sebagai kekuatan ekonomi bangsa, BUMN sejak awal fokus dalam menerjemahkan arahan Presiden Joko Widodo dalam meningkatkan infrastruktur seperti jalan tol Pulau Jawa maupun Luar Jawa seperti Jalan Tol Sumatera (JTTS).

karena, infrastruktur dinilai memegang peranan penting agar Indonesia dapat bersaing dengan negara lain.


“Presiden begitu peduli dengan hal itu, kalau kita lihat, biaya logistik Indonesia masih cukup tinggi mencapai 23 persen atau lebih tinggi dari rata-rata dunia yang sebesar 13 persen,” kata Erick.

Menurut Erick, kemajuan kemajuan infrastruktur merupakan buah dari sinergitas banyak pihak, termasuk Kementerian PUPR.

Untuk itu, dipastikan terus berkomunikasi secara intens dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam mengawal progres pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera.

Saat ini Hutama Karya telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang kurang lebih 1.064 km dengan 465 km ruas tol konstruksi dan 599 km ruas tol operasi.

Sebelumnya, PT Hutama Karya (Persero) menargetkan lima ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) rampung pada tahun ini, di antaranya Tol Simpang Indralaya – Muara Enim, Indrapura – Kisaran, Binjai – Langsa, Sigli – Banda Aceh, dan Tol Pekanbaru – Padang . .

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan, keseluruhan ruas tersebut kemajuan pembangunannya sudah cukup signifikan yakni rata-rata di atas 50 persen.

Exit mobile version