Gubernur Kepri Ansar Berita Bantuan Sosial Tahap II Serahkan Insentif RT/RW dan Posyandu di Batam

Gubernur Kepri Ansar Berikan Bantuan Sosial II Kepada Salah Satu Penerima. Foto: Ist

Batam, Owntalk.co.id – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad kembali menyerahkan bantuan insentif untuk Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) masing-masing senilai 1,2 juta, bantuan operasional senilai 5 Juta untuk masing-masing Posyandu serta Bantuan senilai 296 juta untuk transportasi bagi siswa SMAN 11 Kota Batam Se-Kecamatan Sei Beduk dan Sekupang Kota Batam di Lapangan Futsal Perumahan Buana Garden Tanjung Piayu, Sei Beduk Batam, Jumat (22/07).

Ini adalah kali kedua Gubernur Ansar memberikan bantuan ini di Kota Batam setelah sebelumnya pada Selasa (21/06/2022) yang lalu, juga diberikan bantuan insentif di Hotel Golden View dan SMKN 01, Batu Aji, Batam.

Selain di Batam, bantuan insentif untuk RT/RW, Operasional Posyandu serta Penyerahan Bantuan Transportasi Laut Siswa Tahun Anggaran 2022 juga telah dilakukan di Kabupaten Karimun, Kabupaten Lingga, Kabupaten Bintan, Kota Tanjungpinang dan terakhir ketika Kunjungan ke Kabupaten Kepulauan Anambas, Gubernur Ansar juga memberikan bantuan serupa di Palmatak, Tarempa dan Jemaja.

Gubernur Ansar mengatakan pemberian bantuan untuk RT dan RW merupakan hal yang wajar karena kerja keras mereka membantu Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kota Batam dalam melakukan pembinaan ke masyarakat selama masa pandemi Covid-19.

Namun Gubernur Ansar juga meminta maaf kepada perangkat RT/RW di Batam karena rencana pemberian bantuan kendaraan roda dua belum dapat direalisasikan. Gubernur Ansar mengaku telah berkonsultasi dengan Kemendagri terkait bantuan tersebut, namun terganjal perihal mobilisasi aset.

“Karena RT dan RW akan terus mengalami pergantian sehingga terkait aset sepeda motor akan berpotensi bermasalah nantinya, yang juga beresiko menyeret perangkat RT dan RW ke masalah hukum. Namun janji tetap kita realisasikan, meskipun dalam bentuk lain” jelas Gubernur

Sementara untuk bantuan posyandu, Gubernur Ansar mengatakan posyandu sebagai pelayan kesehatan tingkat dasar untuk masyarakat sangat membutuhkan perhatian dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau khususnya dalam pelayanan imunisasi serta pemenuhan gizi anak-anak guna meminimalisir kasus stunting di Kepulauan Riau.

“Gunakan bantuan ini dengan baik untuk perbaikan performance Posyandu dan menekan angka stunting dengan meningkatkan asupan gizi bagi anak-anak kita,” ujar Gubernur Ansar.

Kota Batam yang juga memiliki banyak sekolah di daerah pesisir pun diberikan bantuan transportasi laut untuk siswa dan siswi dari Pemerintah Provinsi Kepri. Sekolah yang mendapat bantuan transportasi laut adalah SMAN 11 Kota Batam.

“Bantuan ini kita berikan untuk mengurangi beban masyarakat bagi anak-anak yang membutuhkan bantuan transportasi dari rumah ke sekolah karena harus menyebrangi laut, dan ini kita berikan ke seluruh Provinsi Kepri,” tutur Gubernur Ansar.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua I DPRD Kepri Rizki Faisal, Anggota DPRD Kepri Ririn Warsiti, Sirajuddin Nur dan Wahyu Wahyudin, Staf Khusus Gubernur, beberapa OPD Pemerintah Provinsi Kepri, Kepala Disnaker Kota Batam Rudi Sakyakirti, Sekjen PWNU Kepri Kiyai Herianto serta perwakilan organisasi keagamaan, Kemasyarakatan, Kepemudaan serta Tokoh Masyarakat. (zah)

Exit mobile version