Polri Apps
banner 728x90

Bupati Karimun Resmikan Revitalisasi Pasar Rakyat Puakang

Karimun, Owntalk.co.id – Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq S.Sos M.Si meresmikan rampungnya revitalisasi Gedung Pasar Rakyat atau Tradisional Puakang, Kelurahan Sei Lakam Timur, Kecamatan Karimun, Senin 16/5/2022.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti revitalisasi Pasar Puakang oleh Bupati Karimun yang juga disaksikan Sekretaris Daerah Karimun Drs Muhammad Firmansyah M.Si, Kepala Dinas PUPR Karimun Cahyo Prayitno ST.

Kemudian, Dirut Perusda Devanan Syam ST, Camat Karimun Agung Jati Kusuma SE, sejumlah tokoh masyarakat dan para pedagang Pasar Puakang.

Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq S.Sos M.Si dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya atas rampungnya revitalisasi Pasar Puakang.

Rasa syukur itu dikarenakan revitalisasi Pasar Puakang yang semula direncanakan dibangun pada tahun 2020 mengalami penundaan atau refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19.

Revitalisasi itu juga merupakan permintaan langsung dari pedagang ketika ia meninjau Pasar Puakang pada November 2020 lalu.

“Alhamdulillah, revitalisasi gedung Pasar Puakang akhirnya rampung dan dapat kita resmikan bersama-sama pada hari ini. Saya bersyukur karena revitalisasi ini sudah lama dinanti-nantikan karena permintaan langsung dari para pedagang kepada saya,” katanya

Bupati menyampaikan bahwasannya revitalisasi Pasar Puakang dikerjakan oleh dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan anggaran APBD tahun 2021 sebesar Rp. 1,1 miliar.

Bupati mengakui revitalisasi pasar belum sepenuhnya sesuai keinginan para pedagang, menyikapi hal ini Bupati menyampaikan agar pedagang tidak perlu khawatir.

Bupati menyampaikan revitalisasi Pasar Puakang yang telah diresmikan ini baru tahap pertama dan akan berlanjut di tahun 2023.

“Revitalisasi pasar tahap kedua ada beberapa yang akan kita bangun, salah satunya untuk mengganti pintu kayu pedagang menjadi rolling door agar lebih nyaman dan aman,” terangnya.

Bupati Karimun menyampaikan pada dasarnya pembangunan atau revitalisasi pasar rakyat adalah salah satu fokus utama di masa pemerintahannya bersama Wakil Bupati Karimun H Anwar Hasyim M.Si.

Upaya untuk mendorong perekonomian dan juga kepedulian terhadap para pedagang menjadi alasan kenapa keduanya sangat konsen untuk merealisasikan pembangunan atau revitalisasi pasar rakyat.

“Alhamdulillah pembangunan pasar dimasa pemerintahan saya untuk mendorong ekonomi kerakyatan bisa kita realisasikan seperti pasar di Meral, Kundur, Teluk Uma dan Puakang. Tahun ini, para pedagang di Coastal Area juga akan kita revitalisasi agar tempat jualannya semakin baik,” paparnya

Dengan rampungnya revitalisasi, Bupati berpesan kepada para pedagang untuk dapat menjaga fasilitas-fasilitas yang ada dengan baik.

“Menjaga fasilitas pasar juga adalah tanggung jawab pedagang, mari bergotong royong menjaga itu agar pasar senantiasa bagus dan bersih,” pesannya.

Desi salah seorang pedagang mengucapkan terima kasih atas rampungnya revitalisasi Pasar Puakang.

Desi mengaku senang karena saat ini Pasar Puakang telah dibangun sebuah musholla.

“Terima kasih kepada pemerintah yang sudah merevitalisasi pasar ini, bangunan jadi lebih bagus dan juga ada mushola. Sekarang pedagang jadi tidak perlu lagi jauh-jauh untuk sholat,” pungkasnya. (rilis/koko)