Tak Kuasa Hadapi Gencatan Senjata dari Rusia, Ukraina Surati dan Minta Pertolongan RI

Berita Terkini Batam

Jakarta, Owntalk.co.id – Perundingan putaran pertama antara Rusia dan Ukraina belum menuai kesepakatan. Perihal ini Pemerintah Ukraina meminta dukungan pemerintah Republik Indonesia untuk menghadapai tekanan dari rusia yang sedang berlangsung.

Permintaan dukungan dari pemerintah Ukraina ini ditulis melalui surat yang dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Ukraina di Jakarta.

Dalam surat tersebut Ukraina meminta dukungan Indonesia dalam perang lawan Rusia.

Perang yang telah berlangsung selama sepekan itu telah banyak memakan korban jiwa, ratusan orang binasa dan terluka. Penuh tumpah darah dan juga kekejian.

Melalui pernyataan tertulis yang dikeluarkan Kedubes Ukraina di Jakarta pada Senin 1 Maret 2022. Pemerintah Ukraina memuji sejarah negara ini yang menolak tunduk pada ancaman musuh.

“Bangsa Indonesia! Anda adalah bangsa yang kuat dan gagah, Anda adalah pejuang kebenaran dan kebebasan, Anda adalah tulang punggung perdamaian dan keadilan di negara Anda yang bebas dan demokratis,” kutipan pernyataan tersebut.

Dengan itu pemerintah Ukraina sangat menanti dukungan Indonesia, dan berharap dapat mendengar suara yang lantang dan berani dari Indonesia dalam membela Ukraina.

Tidak hanya itu, pemerintah Ukraina juga menunggu Indonesia bersama negara-negara di dunia untuk mempertahankan sistem keamanan global dan prinsip hidup berdampingan secara damai.

“Kita tidak punya hak untuk tetap membisu. Jika terus begitu, maka kita tidak akan memiliki hari esok. Rakyat Indonesia, dukunglah kami. Merdeka atau mati!,” demikian isi pernyataan tertulis yang disampaikan kedubes Ukraina

Exit mobile version