Penyebab Tangan Selalu Berkeringat, Tidak Melulu Penyakit

  • Bagikan
Telapak tangan yang basah (Foto : Google)

Jakarta, Owntalk.co.id – Ada banyak mitos seputar masalah kesehatan, salah satunya adalah tangan yang berkeringat menandakan penyakit jantung. Namun jangan khawatir, faktanya tidak semua informasi seputar hal tersebut benar adanya. Padahal, tangan yang berkeringat tidak selalu merupakan pertanda adanya masalah kesehatan dan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti aktivitas fisik atau cuaca panas. Sebenarnya, apa penyebab tangan berkeringat terus-menerus?

Keringat berlebihan di area tertentu disebut hiperhidrosis. Biasanya kondisi ini menyebabkan kelenjar keringat mengeluarkan banyak cairan tanpa alasan yang jelas. Hiperhidrosis dapat menyebabkan seseorang berkeringat banyak bahkan saat tidak melakukan aktivitas apapun atau tidak berpakaian hangat.

Dalam kondisi normal, tubuh berkeringat selama aktivitas fisik yang berat, berada di lingkungan atau ruangan yang hangat, dan saat makan makanan panas dan pedas. Selain itu, ada sejumlah alasan lain yang bisa menyebabkan keringat berlebih.

1. Faktor Psikologis

Keringat yang berlebihan salah satunya mungkin karena faktor psikologis yang menyebabkan sistem saraf menjadi terlalu aktif. Kondisi ini sering ditandai dengan keringat berlebih pada telapak tangan. Gangguan psikologis juga sering menimbulkan gejala seperti sulit berkonsentrasi, gelisah, cemas dan frekuensi buang air kecil dan besar yang meningkat.

2. Faktor Emosional

Keringat berlebihan juga dapat terjadi ketika seseorang merasa terlalu emosional. Kondisi ini menyebabkan iritasi pada kelenjar keringat oleh saraf. Berkeringat di telapak tangan sering terjadi ketika seseorang merasa terlalu bersemangat, gugup, takut, tertekan, dan cemas. Biasanya, kondisi ini akan membaik atau hilang ketika penyebabnya teratasi.

3. Faktor Keturunan

Faktor genetik juga dapat menyebabkan keringat berlebih pada telapak tangan. Kondisi ini biasanya terjadi karena kelenjar keringat yang terlalu aktif. Kelenjar yang disebut ekrin ini adalah kelenjar keringat paling produktif di tubuh. Kelenjar ini terdapat di telapak tangan, telapak kaki, ketiak, dan wajah. Saat terlalu aktif maka akan menyebabkan keringat berlebih, salah satunya keringat di telapak tangan.

Telapak tangan yang berkeringat dapat dikurangi dan diobati dengan beberapa tips sederhana. Meski jarang menimbulkan hal buruk, keringat berlebih bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan keringat berlebih. Jika kondisi berlanjut dan tidak membaik, segera dapatkan bantuan medis. Keringat berlebihan di telapak tangan bisa menjadi pertanda sejumlah kondisi medis.

  • Bagikan