Intrupsi.
Ada yang lupa. Bangku duduk yang bertanda silang dilarang dipakai. Artinya, harus dikosongkan. Tapi cucu-cucu seperti biasa, malah berdempetan di bangku itu. Sessi foto- foto pun dimulai. Nah. Cucu- cucu mulai gaduh berebut posisi untuk foto. Semua mau duduk nempel Omanya. Suasana setengah gaduh itu mengundang Satpol — pengamanan dalam kereta — turun tangan. Mengingatkan protokol duduk dan tak boleh mengeluarkan suara di dalam gerbong. Terima kasih Pak Satpol yang sudah sigap mengingatkan itu.
Ingatan melayang ke suasana sama puluhan tahun lalu. Ketika kami berombongan naik Subway di Tokyo. Persoalannya sama : berebut tempat duduk. Petugas Subway juga mengingatkan supaya tidak gaduh dalam kereta.
Satpol di MRT Jakarta seperti itu juga. Tak henti mondar- mandir mengawasi penumpang. Andai saja wajah Satpolnya berhias senyum, mungkin bisa lebih membantu suasana nyaman dalam perjalanan.
Moda Raya Terpadu Jakarta (disingkat MRT Jakarta atau MRTJ, bahasa Inggris: Jakarta Mass Rapid Transit) adalah sistem transportasi rel angkutan cepat di Jakarta. Proses pembangunan moda transportasi ini dimulai tahun 2013. Jalur pertama layanan MRT Jakarta dioperasikan tanggal 24 Maret 2019, yang peresmiannya oleh Presiden Jokowi. Sepanjang Mei 2021 lalu, berdasar data di Wikipedia, tercatat 744.488 orang menggunakan layanan MRT Jakarta. Jumlah itu menunjukkan rata-rata per hari, sekitar 24.016 orang dengan 6.895 jumlah perjalanan kereta . Jumlah pengguna jasa tertinggi terdapat pada akhir Mei tahun itu mencapai 33.572 orang. Kenaikan jumlah penumpang tersebut menunjukkan meningkatnya kepercayaan publik terhadap layanan MRT Jakarta meskipun masih berada di tengah pandemi.
Pada 2021 ini, PT MRT Jakarta (Perseroda) menargetkan angka keterangkutan (ridership) 65 ribu orang per hari. Setiap bulan, upaya terus dilakukan agar target tersebut tercapai seperti program kerja sama dengan sejumlah mitra angkutan bus pengumpan, taksi, dan ojek daring, serta program kemitraan seperti pemberian diskon melalui permainan aplikasi ponsel Maingame, fitur nonton gratis oleh TrueID, hingga program cashback melalui LinkAja. PT MRT Jakarta (Perseroda) juga menyelenggarakan kuis tentang idol KPop yang sedang digemari masyarakat serta mendukung terselenggaranya kegiatan Animal Pop Komodo oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di Stasiun Bundaran HI. Kegiatan Animal Pop Komodo ini mendongkrak jumlah pengguna jasa MRT Jakarta di Stasiun Bundaran HI sebesar 21 persen.
Bagaimana dengan Busway? Seperti protokol angkutan umum di kota- kota dunia, Trans Jakarta juga menggunakan standar sama, di masa pandemi. Tahap pertama, scan barkot di Pedulilindungi.
Pada tahun 2011, sistem ini mencapai kinerja puncak tahunan dengan bus membawa 114,7 juta penumpang dan kemudian pada tahun-tahun berikutnya jumlahnya menurun dan pada tahun 2014, bus membawa 111,6 juta penumpang. Pada tahun 2015 melayani 102,95 juta penumpang. Pada 2016, rekor baru 123,73 juta penumpang tercapai.