Polri Apps
banner 728x90

Mau ke Rumah Sakit, Cek Dulu Ketersediaan Kamar di Web Sikamarrs

berita terkini batam
(foto: owntalk)

Batam, Owntalk.co.id – Pemerintah kota Batam melalui Dinas Kesehatan me-launching website sikamarrs. Website ini dikembangkan guna mengetahui informasi umum hingga ketersediaan tempat tidur baik untuk penanganan Covid-19 maupun umum.

Kepala Dinas Kesehatan kota Batam, Didi Kusmarjadi menyebutkan bahwa website ini memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi ketersediaan kamar.

“cukup dengan mengklik https://sikamarrs.batam.go.id/, layanan di portel website tersebut sudah menghimpun informasi ketersediaan tempat tidur rumah sakit, ruang ICU dan isolasi untuk perawatan pasien Covid-19,” terang, Didi, Rabu (8/12).

Masih katanya, link ini merupakan kerjasama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam. Kehadiran portal ini juga upaya mengantisipasi jika terjadi lonjakan kasus di akhir tahun terkait Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Dengan adanya informasi ini, minimal masyarakat bisa mencari tahu rumah sakit mana saja yang tempat tidur tersedia, di sekitar tempat tinggalnya.

“Sementara ini memang baru bersifat web based. Android aplikasinya sudah kami koordinasikan dengan Kominfo,” ujar Didi.

Informasi pada portal ini disiapkan secara realtime, karena selalu diperbaharui oleh pihak rumah sakit. Tidak hanya itu, juga disiapkan saluran siaga (hotline) yang sewaktu-waktu dapat dihubungi masyarakat yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut.

“Data nya terupdate setiap hari sebelum pukul 12.00 WIB. Rumah sakit yang tidak mengupdate akan kita tegur. Bisa dapat surat peringatan dan sanksi administrasi,” terang dia.

Untuk lebih memudahkan masyarakat mendapat informasi Pemko Batam akan terus mengembangkan inovasi tersebut. Karena, saat ini informasi sekitar penanganan Covid-19 sangat diperlukan di masa pandemi. ***