Bupati Trenggalek Dorong Kesehatan Menjadi Kesadaran Seluruh Masyarakat

  • Bagikan
Berita Terkini Batam
Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin

Trenggalek, Owntalk.co.id – Melakukan advokasi Gerakan Masyarakat Peduli Kesehatan (Germas) di semua lini, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin dorong kesehatan menjadi kesadaran seluruh masyarakat. 

“Kita melakukan advokasi kepada seluruh lintas sektor OPD agar tahun 2022 ini OPD mendukung gerakan Germas. Kenapa demikian karena kita pingin kesehatan ini menjadi kesadaran seluruh pihak, bukan hanya urusan Dinas Kesehatan atau urusan rumah sakit,” tuturnya, Jum’at (8/10/2021). 

“Kita tidak ingin orang itu kehilangan uang, kehilangan waktu karena jatuh sakit. Sebelum jatuh sakit kita harus terapkan pola hidup sehat,” lanjutnya

Jadi gambarannya seperti di Dinas Kesehatan punya program yang sehat yang dibayar. Kemudian kalau di lingkungan, Dinas PKPLH punya program Adipura Desa. Harapannya lingkungan menjadi baik.

Baca Juga :

Di pertanian kita punya rumah pangan lestari, terus mendorong tanaman produk pertanian yang sehat, jauh dari bahan kimia (pestisida). 

“Ini mendorong gaya hidup sehat, termasuk diterapkan gaya hidup sehat di tingkat SD, SMP di Dinas Pendidikan,” tutupnya.

GERMAS sendiri ditujukan untuk menurunkan beban penyakit menular maupun tidak menular baik kematian ataupun kecacatan. Menurunkan pembiayaan kesehatan, mencegah penurunan produktifitas masyarakat dan beberapa tujuan yang lainnya. Dengan begitu kehidupan yang sehat menjadi sebuah kebiasaan. (Sar) 

  • Bagikan