Polri Apps
banner 728x90

Vaksin AstraZeneca Ampuh Lawan Corona Varian ‘India’

Jakarta, Owntalk.co.id – Varian baru SARS-CoV-2 diduga menjadi penyebab lonjakan kasus di sejumlah daerah di Indonesia. Varian dominan dari jenis ini yaitu B.1.617.2 yang merupakan jenis mutasi baru yang ditemukan di India.

Varian B.1.617.2 atau varian delta diketahui merupakan salah satu varian yang sangat menular.

Bahkan hasil penelitian dari Whole Genome Sequencing (WGS) yang dilakukan oleh tim dari FK-KMK Universitas Gadjah Mada (UGM) mengungkapkan varian delta ini telah mendominasi penularan Covid-19 yang membeludak di Kudus, Jawa Tengah

Namun kabar baiknya, jenis vaksin AstraZeneca dinilai efektif dalam melindungi tubuh dari jenis varian ini.

Informasi dari Public Health England (PHE) mengungkapkan dua dosis vaksin AstraZeneca ini mampu mencegah risiko rawat inap akibat varian delta hingga 92 persen.

Pasien Covid-19 yang dikategorikan mengalamai gejala sedang hingga berat itu akan mendapat perawatan rawat inap di rumah sakit.

Tak hanya efektif untuk varian delta, Vaksin AstraZeneca ini juga menunjukkan angka efektivitas yang tinggi terhadap varian alpha yang sebelumnya ditemukan pertama kali di Inggris.

Disebutkan bahwa vaksin AstraZeneca ini telah menekan risiko rawat inap hingga 86 persen terhadap varian alpha.

Kelompok Ahli Penasihat Strategis WHO tentang Imunisasi (SAGE) telah merekomendasikan Vaksin Covid-19 AstraZeneca untuk dipakai di negara-negara dengan kasus penularan varian Delta yang menjadi perhatian. (Ir)