Polri Apps
banner 728x90

Serpihan Kapal KRI Nanggala-402 Ditemukan di Sekitar Kawah Misterius

kri nanggala-402

Jakarta, Owntalk.co.id – Operasi penyelamatan kapal selam KRI Nanggala-402 diketahui telah mengirimkan 3 Kapal dari Tentara Angkatan Laut China, diantaranya, PRC Navy Ship Ocean Tug Nantuo-195, PRC Navy Ocean Salvage and Rescue Yong Xing Dao-863, dan Kapal Penelitian Tan Suo 2 Akademi Ilmu Pengetahuan China.

Dalam proses evakuasi yang telah dilakukan, Pasukan militer China menemukan kawah dengan kedalaman 10-15 Meter di dekat lokasi kapal yang tenggelam.

Panglima Komando Armada II (Pangkormada II) Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, menyatakan tiga bagian kapal antara lain anjungan (bow section), haluan (sail section), serta buritan (stern section) ditemukan di sekitar kawah tersebut.

Iwan menjelaskan bahwa penemuan kawah tersebut tampak dari sebuah survei bawah laut yang dilakukan kapal milik china yang memiliki jarak ukur pada lebar 2,5 kilometer dan 3,7 kilometer. Kawah ini diketahui memiliki diameter kurang dari 38 meter dengan kedalaman 10-15 meter. Hingga saat ini, belum diketahui dengan pasti isi kawah itu.

Baca Juga :

Iwan juga menjelaskan bahwa kontur dalam laut tempat kapal KRI Nanggala-402 yang tenggelam merupakan lumpur.

“Sehingga mengapa, bagian-bagian dari section tadi ada bagian-bagian yang tertimbun oleh lumpur yang ada,” jelas Iwan dalam konferensi pers, Selasa (18/5)

Dengan temuan ini, Iwan menyatakan akan memperluas area pencarian dan menggunakan teknologi side scan sonar untuk memaksimalkan proses evakuasi.

KRI Nanggala-402 diketahui tenggelam di perairan utara Bali pada Rabu (18/4). Insiden tersebut terjadi saat KRI Nanggala tengah melaksanakan Latihan penembakan Torpedo. Latihan tersebut merupakan aktivitas rutin dari pembinaan kesiapan operasional prajurit dan satuan di wilayah perairan Bali. Namun naas, Nanggala tenggelam hingga berada di kedalaman 833 meter di bawah permukaan laut. (Ir)