19 Kelompok Tani Samosir Dapat Bantuan PKBL

Bantuan PKBL

Samosir, Owntalk.co.id – Anggota DPR RI Fraksi Partai Nasdem Dapil Sumatera Utara (Sumut) Martin Manurung, SE, MA., didampingi Bupati Samosir Vandiko Gultom, ST menyerahkan bantuan Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) kepada 19 Kelompok tani di Kabupaten Samosir.

Penyerahan bantuan PKBL ini dalam rangka Reses Perorangan Anggota DPR RI masa persidangan IV, tahun sidang 2020/2021 dimana bekerja sama dengan BUMN, PT INALUM dan PT Pembangunan Perumahan (PERSERO) di halaman Kantor Bupati Samosir.

Ketika ditemui seorang anggota kelompok tani penerima bantuan Rabu, (28/04/2021) di Palipi bermarga Situmorang mengatakan, “Kami merasa bangga, adanya perhatian DPR Pusat untuk membantu kemajuan pertanian di Samosir dengan memberikan berbagai macam alat pertanian, bantuan tunai dan pembangunan jalan pertanian, khususnya terhadap kelompok tani,” sebutnya bangga.

Kelompok penerima bantuan PKBL antara lain yaitu Poktan Ulina, Poktan Martunas Nauli, Desa Situngkir, Poktan Sigorat, Poktan Halak Hita, Poktan Jaya Bersama, Poktan Makmur mandiri, Poktan Sipaulak Hosa Loja, Pokja Satahi saoloan, Poktan Marsiadapari, Poktan Sadaniroha, Poktan Martabe, Poktan Dostahi, Poktan Marsada, Poktan Sukses Tani, Poktan Serep maroha, Poktan Saurma, Desa Urat II, Desa Huta Bolon.

Baca Juga :

Bantuan yang diberikan adalah semprot elektrik, mesin babat rumput, mesin pompa air, pemipil jagung, pembangunan bantuan untuk kandang ternak, bantuan tunai untuk pembangunan rabat beton , dan bantuan tunai fasilitasi SPAM.

Bupati Samosir menyampaikan sambutan dan rasa terimakasihnya kepada anggota DPR RI Fraksi Nasdem Martin Manurung, atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat Samosir.

Ia juga berharap kedepannya itu semua dapat membantu Kabupaten Samosir mendapatkan anggaran dana pusat.

“Kepada seluruh penerima bantuan, agar merawat dan mempergunakan bantuan dengan baik guna meningkatkan produksi pertanian,” harap Bupati.

Salah satu Ketua Poktan Sipaulak Hosa Loja mewakili kelompok tani menyampaikan ucapan terimakasih kepada Martin Manurung dan Bupati Samosir, dan menyampaikan harapan semoga kedepan bantuan yang diberikan dapat bermanfaat kepada kelompok tani.

Dalam kesempatan ini Martin Manurung mengatakan, bantuan yang diberikan adalah bentuk perhatian kepada petani di Kabupaten Samosir.

“Ini sebagai bukti peran perwakilan rakyat di DPR RI. Besaran yang disalurkan pada kelompok tani saat ini sebesar Rp720 juta dan sebagian masih dalam proses, sehingga total bantuan nantinya berjumlah 1 miliar 30 juta,” paparnya.

Selanjutnya Martin Manurung menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan program berkelanjutan untuk membantu para petani meningkatkan produktifitas dimasa Pandemi Covid-19. (Edwin)

Exit mobile version