Polri Apps
banner 728x90

Sakura Batam Merekah, Tempat Populer Anak Dormitori Tempo Dulu

Sakura Batam
bunga Tabebuya atau Pohon terompet emas yang biasa disebut Sakura Batam oleh sebagian warga. (foto : owntalk)

Batam, Owntalk.co.id – Pohon Tabebuya kembali mengeluarkan bunga-bunga indah yang mirip dengan bunga Sakura khas Jepang. Pohon itu terletak diwilayah Mukakuning, Sei Beduk – Kota Batam.

Biasanya, Bunga-bunga tersebut akan mulai bermekaran diantara bulan Maret dan April tiap tahunnya.

Ribuan pohon yang ditanam sejak tahun 1993 itu merupakan pohon yang berasal dari negara Brazil. Pesona bunganya menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mengabadikan foto diantara warna-warna indah bunga Sakura Batam.

Terkhusus para pekerja yang pernah mendiami kawasan dormitori, pohon bunga Sakura Batam ini menjadi tempat yang paling populer untuk berkumpul sejak dulu.

Baca Juga :

” Banyak kawan-kawan yang dulu masih lajang kalau pacaran janjian bertemu dilokasi yang ada pohon sakuranya, Pohon itu sangat punya kenangan tersendiri untuk kami orang yang telah lama kerja di Mukakuning,” kata Raiman pekerja di kawasan Perusahaan Batamindo.

Seorang warga Batam sedang berteduh disebuah Halte kawasan Batamindo Dekat dengannya ada pohon Tabebuya foto Owntalk

Tak ada yang bisa menceritakan persisnya kapan bunga itu merekah pertama kalinya, namun, sebagian warga menyebut telah melihat bunga itu mekar pada tahun 1997. Ada juga narasumber yang menyebutkan pohon tersebut berbunga pertama kalinya di tahun tersebut.

” Aku kesana tahun 97 udah ada,” kata Nur Hartati

“Mekar Perdana,” Kata Eti Sulastri

Untuk di ketahui, Pohon ini adalah pohon hias populer yang dapat tumbuh di berbagai jenis tanah di daerah subtropis dan tropis. Tabebuya adalah pohon dengan pemeliharaan rendah, dimana pemangkasan dibutuhkan hanya untuk menghilangkan tangkai yang mati atau rusak. Jarang ada hama atau penyakit yang mengganggu tanaman ini.

Sedangkan tanaman ini memiliki beberapa warna yakni  putih, merah muda, kuning, kuning jingga, magenta, plum, dan ada yang merah. Saat musim berbunganya mampu menghasilkan jumlah bunga yang sangat banyak dan tidak putus sejak awal musim kemarau hingga menjelang musim hujan. Bahkan sekarang ini musim pembungaan tanaman ini dapat diatur melalui manipulasi pola pemupukan. (ACK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *