Polri Apps
banner 728x90

Ini 3 Tugas Rapala yang Dibentuk Bakamla RI Kabupaten Karimun

Karimun, Owntalk.co.id – Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Kabupaten Karimun membentuk relawan penjaga laut nusantara (Rapala), untuk membantu tugas Bakamla dalam menjaga keamanan laut Republik Indonesia dari ancaman kejahatan laut.

Pembentukan dan pengukuhan Rapala Nusantara, dilakukan direktur kerjasama Bakamla RI, Laksamana Retiono Kunto, H, SE.

Rapala yang berada di Kabupaten Karimun berjumlah 30. Adapun kegiatan pengukuhan ini diadakan di gedung Nasional Kabupaten Karimun Provinsi Kepri, Rabu (03/02/2021).

Direktur kerjasama Bakamla RI, Laksamana Retiono Kunto dalam kata sambutannya mengatakan, Kabupaten Karimun memiliki letak wilayah yang strategis, Rapala dibentuk sangat berfungsi untuk membantuk tugas Bakamla RI.

“Dengan melihat Kabupaten Karimun yang merupakan wilayah strategis dan terletak dekat Selat Malaka dan berbatas langsung dengan negara Malaysia dan Singapura merupakan lintasan internasional, pembentukan Rapala guna menunjang tugas dari Bakamla RI dari pelanggaran yang terjadi dilaut NKRI”, ujarnya

Ia juga menerangkan memadang besarnya potensi ancam yang ada diperairan karimun perlu pembentukan Relawan ini.

“Memandang besarnya potensi ancaman diperairan Karimun, maka Bakamla perlu membentuk Rapala, berangotakan sebanyak 30 orang yang berasal dari kelompok profesi dan komunitas masyarakat pegiat sosial,” terangnya

Adapun tugas dari Rapala yaitu :

  1. Membantu mengumpulkan, mengindefikasi dan melaporkan data dan imformasi keselamatan dan keamanan dilaut.

  2. Membantu dan memberikan dukungan terkait dalam pencarian dan pertolongan dilaut.

  3. Membantu dalam pengembangan sda dalam pemanfaatan kelautan diwilayah pesisir perbatasan.

Kegiatan Rapala dilanjutkan dengan pembekalan pada pukul 09.10 s/d 09.55 WIB. Pembekalan Rapala ini diberikan oleh Danlanal TBK Letkol laut (P) Maswedi.

Adapun materi pembekalan, wawasan kebangsaan dan bela negara, tujuan dan fungsi bela negara, dan pembekalan dari kasi penindakan dari KPPBC (P2) karimun Manna Subastian.

(Koko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *