Polri Apps
banner 728x90

Plh Bupati Asahan Resmi Buka Festival Seni Nasyid Tingkat Kabupaten

Berita Terkini Batam
Bupati Asahan Secara Resmi Membuka Festival Seni Nasyid Tingkat Kabupaten (Foto: Bolon/Owntalk)

Asahan, Owntalk.co.id – Plh Bupati Asahan secara resmi membuka festival seni nasyid tingkat Kabupaten Asahan tahun 2021 di gedung Tahfidz, Masjid Agung H Ahmad Bakrie Kisaran, Kabupaten Asahan, Rabu (24/2/2020).

Festival seni nasyid ini merupakan program pemerintah secara nasional yang digelar dari mulai tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga ke tingkat nasional.

Sekretaris panitia, Ali Muqhofar mengatakan, dasar kegiatan ini sesuai dengan keputusan Bupati Asahan nomor : 22-Bag-Kesra-Tahun 2021 tanggal 10 Februari 2021 tentang pembentukan panitia penyelenggara, dewan pengawas dan dewan juri festival nasyid tingkat Kabupaten Asahan tahun 2021.

Pelaksanaan festival seni nasyid tingkat Kabupaten Asahan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 24 – 27 Februari 2021 dan diikuti oleh 25 kecamatan se-Kabupaten Asahan dengan jumlah peserta sebanyak 48 group.

Dari 48 group ini, terbagi menjadi 2 bagian, yakni 23 group putra dan 25 group putri.

Namun, ada 2 Kecamatan yang tidak mengirimkan group nasyid putranya dalam festival seni nasyid tahun ini, seperti Kecamatan Bandar Pulau dan Kecamatan Silau Laut.

Sementara itu, sebelum membuka festival nasyid tingkat Kabupaten Asahan ini, Plh Bupati Asahan, John Hardi Nasution terlebih dahulu melantik para dewan juri.

Kemudian, dalam sambutannya, ia mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan secara penuh melimpahkan tugas dan tanggungjawab kepada para dewan juri untuk melakukan penilaian.

“Kami berkeyakinan kepada dewan juri telah memiliki pengetahuan yang mapan di bidangnya. Karena itu, para dewan juri tidak akan diintervensi oleh siapapun dan pihak manapun dalam melakukan penilaian,” tegasnya.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan, tidak mutlak group nasyid terbaik menjadi duta Kabupaten Asahan menjadi perwakilan ke tingkat provinsi. Melainkan, nantinya akan dilakukan pemusatan latihan (TC) untuk mendapatkan group terbaik.

“Kepada seluruh peserta yang berasal dari seluruh kecamatan, saya ucapkan selamat mengikuti festival nasyid. Tampilah dengan bakat dan kemampuan terbaik yang dimiliki. Tunjukkanlah hasil latihan selama ini. Manfaatkanlah kesempatan ini untuk saling mengenal dan menjalin hubungan dengan sesama peserta yang memiliki minat dan bakat yang sama,” pungkasnya.

Menutup sambutannya, ia mengatakan, festival nasyid ini merupakan sarana evaluasi dan bukan tujuan akhir. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat generasi muda dalam melestarikan budaya dan kesenian Islam serta pengetahuan masyarakat akan pentingnya seni nasyid dalam upaya membangun mental spritual masyarakat.

Pasca menyampaikan sambutannya, Plh Bupati Asahan, kemudian memukul rebana sebagai penanda festival seni nasyid tingkat Kabupaten Asahan tahun 2021 resmi dibuka.

(Bolon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *