iklan murah
iklan murah

Penunjukkan Tunggal Listyo Sigit Buat Kegaduhan Internal Polri

  • Bagikan
berita terkini batam
Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Owntalk)

Jakarta, Owntalk.co.id – Presiden Jokowi telah mengirimkan satu nama calon Kapolri pengganti Idham Azis, nama tersebut yakni Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Keputusan itu lantas dikritisi pengamat Kepolisian, Bambang Rukminto. Menurutnya, keputusan itu membuat gaduh dan gusar internal Polri.

Tak hanya kegusaran, hal tersebut akan menimbulkan hambatan psikologis bagi pejabat lainnya untuk bersikap profesional. Semangat membangun karir dengan prestasi akan menurun, dan justru tergantikan dengan berlomba-lomba merapat ke politisi.

“Mereka akan berpikir tak perlu lagi berprestasi. Cukup dekat dengan politisi saja toh karir dijamin akan sampai puncak. Ini sangat berbahaya bagi pembangunan SDM (sumber daya manusia) Polri yang kompeten dan berintegritas,” ujarnya lagi.

Jokowi sebelumnya menyerahkan nama calon Kapolri kepada DPR yaitu Listyo Sigit Prabowo sebagai pengganti Idham Azis yang bakal pensiun pada 1 Februari 2021. Listyo Sigit pun bakal menjalani uji kepatutan dan kelayakan pada pekan depan.

Nama Listyo merupakan bagian lima nama yang diusulkan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kepada Presiden pada Kamis, 7 Januari lalu. Mereka di antaranya Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono, Komisaris Jenderal Boy Rafly Amar, Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto, dan Komisaris Jenderal Agus Andrianto. Presiden kemudian memilih satu nama untuk dikirim ke DPR agar mengikuti uji kelayakan dan kepatutan. ***

Reqnews.com

BACA JUGA :  Sewaktu Menjabat Kapolri, Sosok Ini Sangat Mesra dengan FPI
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *