Polri Apps
banner 728x90

Ini Efek Samping Setelah Suntik Vaksin Sinovac

berita terkini batam
Ilustrasi (Foto: Owntalk)

Jakarta, Owntalk.co.id – Vaksin Sinovac mendapat izin penggunaan darurat dari BPOM dan sertifikat halal. Berdasarkan uji klinis vaksin Covid-19 memiliki efek samping ringan-sedang.

“Pertama hasil evaluasi dari data keamanan diproleh dari uuji klinis fase 3 di Indonesia, Turki, dan Brasil sebesar 65,3 persen. Dari hasil tersebut, secara keseluruhan aman dengan kejadian efek samping vaksin yang ditimbulkan bersifat ringan-sedang,” kata kepala BPOM Penny Lukito, Senin (11/1).

Berikut beberapa efek samping ringan-sedang vaksin Covid-19

  1. Nyeri local
    Setelah suntikan biasanya terjadi sedikit rasa nyeri di bagian yang di suntik. Rasa nyeri ini akan hilang setelah beberapa waktu.
  2. Nyeri otot
    Nyeri juga dapat muncul pada otot yang berada di sekitar area suntikan. Hal ini pun jga akan hilang setelah beberapa saat.
  3. Pembengkakan
    setelah di suntik, biasanya area disekitar bekas suntikan biasanya akan terjadi pembengkakan disertai dengan kemerahan.
  4. Sakit kepala
    0,1 persen pada peserta uji klinis juga ditemukan efek samping berupa sakit kepala. Namun ini bukan efek samping yang berbahaya dan dapat langsung hilang setelah beberapa saat.
  5. Diare
    Hal ini juga ditemukan terhadap 1-1,5 persen peserta uji klinis. Diare juga merupakan respon tubuh yang daaat membaik setelah beberapa waktu.

Hal ini juga telah di pastikan oleh BPOM bahwa efek-efek samping ini tidak berbahaya. (Jul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *