Kartini dari Papua, Pernah Dikubur Bersama Kotoran Manusia

  • Bagikan
berita terkini batam
Yosepha Alomang. (Foto: Owntalk)

Jakarta, Owntalk.co.id – Menjadi legenda dan kebanggaan butuh proses yang berat dan penuh derita. Sosoknya saat ini menjadi inspirasi banyak orang, terutama Papua. Siapa dia ?

Yosepha Alomang, wanita yang menulis buku berjudul ‘Pergulatan seorang Perempuan Papua Melawan Penindasan” tahun 2003. menceritakan kembali jalan hidupnya.

Yosepha juga merupakan Pendiri Kompleks Yosepha Alomang dengan fasilitas didalamnya terdapat klinik, gedung pertemuan, panti asuhan anak yatim piatu, dan monument pelanggaran hak-hak asasi manusia untuk warga Papua.

Nasib tragis pernah dialami Yosepha Alomang, pejuang wanita untuk hak-hak warga Papua melawan PT Freeport. Lewat keberaniannya itu, ia mendapat pengakuan internasional Goldman Sachs

Dia adalah wanita kelahiran 1940-an di Tsinga. Ia lahir dengan keadaan yatim piatu. Kemudian tinggal bersama Ayah tirinya yang suka tinggal bernomaden. Bahasa keseharian yang dugunakan adalah bahasa Amungkal dari suku Amungme.

Kondisi seperti itu membuatnya tumbuh menjadi pribadi mandiri dan pekerja keras. Sebelum menikah di awal tahun 1970-an, ia menjadi seorang bidan atas bantuan pendidikan dari Gereja Katolik di daerahnya

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *