Google Shopping Dituduh Gagal Mengatasi Masalah Persaingan. Kok Bisa?

berita terkini batam
Tangkapan Layar Google Shopping. (Foto: Owntalk)

Owntalk.co.id – Media Internasional memberitakan klaim seuah studi baru yang menyatakan bahwa mesin pencari belanja online Google masih merugikan saingan Uni Eropa. Meskipun ada tindakan keras peraturan tiga tahun lalu yang menyebabkan perusahaan raksasa itu mengubah praktiknya. Berikut penjelasannya.

Menurut studi tersebut, kurang dari 1 persen lalu lintas melalui Google Belanja saat ini diarahkan ke situs perbandingan belanja saingan seperti Kelkoo dan Idealo. Perbaikan pencarian belanjaannya dilakukan oleh Google pada 2017 setelah Komisi Eropa mendenda raksasa teknologi itu dengan rekor € 2,4 miliar atas keluhan penyalahgunaan, dan mengatakan harus “menawarkan ruang (iklan) dengan persyaratan yang sama kepada Google Shopping dan pesaingnya”.

Thomas Hoppner, seorang pengacara di Hausfeld yang menasihati perusahaan, mengatakan studi oleh Lademann & Associates adalah penelitian empiris komprehensif pertama yang menunjukkan solusi yang dipilih Google masih menjadi ancaman bagi persaingan.

Mr Hoppner mengatakan bahwa saingan Google terus dirugikan meskipun ada perubahan karena daftar dalam unit Belanja Google – kotak yang muncul di atas hasil pencarian utamanya – terhubung langsung ke situs web pengecer, melewati situs perbandingan harga. “Kurang dari 1 persen (pengguna yang mengklik kotak Google Shopping) akan melihat situs web pesaing [perbandingan harga) – karena kotak Google hanya terhubung langsung ke situs web pedagang,” katanya.

Dia menambahkan bahwa hasil pencarian utama Google, yang merupakan sumber utama lalu lintas, juga tidak terpengaruh oleh perubahan tersebut – yang berarti bahwa secara keseluruhan upaya hukum Google “belum memperbaiki situasi persaingan sama sekali”.

“Komisi selalu menolak anggapan Google bahwa kasus tersebut berkaitan dengan ‘akses’ ke unit belanja Google dan bersikeras bahwa ini adalah tentang perlakuan yang sama dalam seluruh halaman hasil penelusuran umum Google,” Google menentang denda tersebut dan bersikeras bahwa mengembangkan produk pemenang tidak melanggar aturan persaingan.

Exit mobile version