Ramai Digitalisasi, Jokowi Persiapkan Transormasi Digital

  • Whatsapp
Jokowi (Doc : Google)

Jakarta, owntalk.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) perintahkan menteri untuk siapkan pembiayaan transformasi digital dalam negeri. Menurutnya, hal ini penting karena di tengah pandemi ini, mayoritas masyarakat beralih ke sistem digital.

“Saya minta yang berkaitan dengan regulasi, berkaitan dengan skema pendanaan dan pembiayaan transformasi digital disiapkan secepat-cepatnya,” kata Jokowi pada video conference, Senin (3/8/2020).

Read More

Ia menjelaskan, banyak pihak mengalihkan kegiatan menjadi online akibat pandemi Covid-19. Mulai dari pembelian makanan, pembayaran, hingga pendidikan.

“Perubahan seperti ini perlu segera diantisipasi, disiapkan, direncanakan secara matang,” jelas Jokowi.

Berdasarkan survei IMD World Digital Competitiveness Index 2019, Indonesia berada di peringkat 56 dari 63 negara. Dengan itu, daya saing digital Indonesia terbilang rendah jika dibandingkan negara tetangga.

“Thailand di posisi 40, Malaysia di posisi 26, Singapura di posisi nomor 2. Oleh sebab itu, perlu menjadi perhatian bersama,” jelas Jokowi.

Ia meminta menteri untuk mempercepat penyediaan internet di daerah-daerah. Ia juga meminta para menteri untuk mempersiapkan sumber daya manusia dalam melakukan transformasi digital ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *