Polri Apps
banner 728x90

Terlalu Riskan, Jokowi Ingin BPIP Diperkuat Undang-undang

berita terkini batam
Presiden Joko Widodo,(foto: owntalk)

Bogor, Owntalk.co.id – Bambang Soesatyo selaku Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo ingin agar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) diperkuat. Presiden ingin penguatan dengan dipayungi undang-undang (UU).

Saat ini, statys BPIP hanya dilindungi payung Peraturan Presiden (Perpres) saja. 

“Dalam pembinaannya nanti, tidak cukup kalau hanya diberi payung Perpres. Tadi beliau menyampaikan langsung seperti itu,” ujar Bambang di Istana Kepresidenan, Bogor, Rabu (8/7/2020). Dikutip dari Sindonews.

“Beliau bahkan menyampaikan sangat riskan kalau lembaga yang memiliki tugas untuk melakukan pembinaan Pancasila hanya berpayung Perpres. Maka beliau ingin ini diberi payung UU,” tutur Bambang.

Menurutnya, Presiden menilai BPIP sangat riskan jika hanya dipayungi Perpres.

“Tapi karena ini adalah sepenuhnya domain pemerintah dan DPR, maka MPR tidak masuk ke wilayah itu. Tapi kami hanya mendengar masukan aspirasi masyarakat, yang tadi presiden juga menyampaikan hal yang sama,” tegas Bambang.

Karena seharusnya pembuatan UU dilakukan oleh pemerintah dan DPR, Bambang menyatakan bahwa penguatan ini bukan menjadi domain MPR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *