Polri Apps
banner 728x90

Wantikot Ajak Pemerintah Jadikan Batam Sebagai Katalisator Industri Digital Indonesia

berita terkini batam
(Foto: Owntalk)

Batam, owntalk.co.id – Dewan TIK Nasional (Wantiknas) melalui Dewan TIK Kota (Wantikot) sebagai perwakilan di kota Batam mengunjungi Kantor Badan Pengusahaan (BP) Batam guna mensosialisasikan peran optimal bagi Pemerintah Batam agar dapat menjadi katalisator pertumbuhan industri digital Indonesia. 

Kunjungan itu dilakukan pada Kamis Siang, (24/10) diruangan Rapat Wakil Kepala BP Batam lantai 6. 

Wantikot Batam datang bersama lima orang anggotanya bertemu dengan  wakil ketua l BP Batam, Drs. Purwiyanto M.A dan staf PDSI, Harlas. 

Ketua Wantikot Batam, Donal Siahaan dalam pemaparannya mendorong pemerintah mampu menjadikan Batam Sebagai Katalisator Industri Digital Indonesia

“ Batam merupakan tempat yang strategis untuk menumbuhkan ekosistem digital. Selain karena letaknya yang sangat strategis, Batam juga memiliki infrastruktur pendukung yang lengkap, seperti bandara, pelabuhan, listrik, broadband dan memiliki perguruan tinggi.” Kata Donal dalam pertemuan tersebut

Oleh karena itu, kata dia, Dewan TIK Nasional sebagai institusi multistake holder TIK di Batam siap bersinergi dengan setiap lembaga pemerintah, industri, akademisi maupun masyarakat yang terkait TIK dalam mewujudkan apa yang di impikan oleh Presiden Jokowi menjadikan Batam sebagai Digital HUB Indonesia. 

“ Fungsi dari Wantiknas yaitu merumuskan arahan strategis, lalu melakukan pengkajian, evaluasi serta melakukan koordinasi dan komunikasi antar lembaga untuk mengarahkan Batam pada cita-cita pak Presiden menjadi The Digital Energy of Asia”, kata dia.

Dalam pertemuan tersebut, Drs. Purwiyanto M.A mewakili Kepala BP Batam mendukung penuh ide dan rencana yang disampaikan oleh Wantikot Batam. Menurutnya, Batam harus mampu bersinergi dengan Singapura menjadi jembatan industri teknologi, manufaktur, dan pariwisata berbasis digital.

“ Kami akan seoptimal mungkin mendukung wacana tersebut.” Kata Pur pada pertemuan itu. 

Purwiyanto pun menjanjikan akan memberikan segala fasilitas ruangan di BP Batam ketika dibutuhkan untuk kegiatan-kegiatan Wantikot Batam. 

Selain berdialog, Wantikot Batam pun secara khusus mengundang Kepala BP Batam untuk hadir dalam Focus Group Discussion (FGD) TIK-TALK dengan tema “ Batam Sebagai Katalisator Industri Digital Indonesia” yang akan digelar pada Selasa, (29/10) mendatang di Hotel Harris – Batam Center. 

Dalam FGD tersebut nantinya akan membahas bagaimana peran optimal bagi Batam agar dapat menjadi katalisator pertumbuhan industri digital Indonesia, serta memberikan rekomendasi dan rencana aksi yang dibutuhkan untuk mewujudkan Batam sebagai katalisator pertumbuhan industri digital Indonesia, Dalam aspek edukasi, event, mentorship, inkubasi, funding, dan talenta digital. (Ack)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *