Berita  

GoTo Umumkan Akan Tutup Tokopedia Now per 15 Juli 2024

Ilustrasi Tokopedia Now. (Dok; Blogger Bekasi)

Jakarta, Owntalk.co.id – GoTo resmi mengumumkan penutupan layanan belanja pengiriman cepat, Tokopedia Now, yang akan berhenti beroperasi pada 15 Juli 2024. Pengumuman ini dapat dilihat pengguna baik melalui aplikasi maupun website Tokopedia.

“Tokopedia Now izin pamitan ya. Kamu masih bisa belanja sampai hari terakhir operasional 15 Juli 2024,” demikian bunyi pengumuman tersebut.

Keputusan ini diambil berdasarkan kajian bisnis menyeluruh pasca-dekonsolidasi Tokopedia. Sebagai penggantinya, GoTo akan memperkuat layanan GoMart di aplikasi Gojek untuk memenuhi kebutuhan belanja harian pengguna.

“Sebagai bagian dari kajian bisnis secara menyeluruh pasca-dekonsolidasi Tokopedia, kami memutuskan untuk tidak melanjutkan bisnis Tokopedia Now,” kata Sinta Setyaningsih, Head of Corporate Communications GoTo, kepada kumparanTECH, Jumat (12/7).

Tokopedia Now diluncurkan pada November 2021 di tengah pandemi Covid-19, menawarkan layanan pengiriman cepat produk kebutuhan pokok yang dapat diterima pengguna dalam waktu satu jam setelah pembayaran, atau dengan jadwal pengiriman yang fleksibel.

Namun, model bisnis quick commerce di Indonesia menghadapi banyak tantangan. Menurut analisis perusahaan konsultan Redseer pada Maret 2024, penyedia quick commerce di Indonesia menghadapi tantangan margin yang tipis, komisi rendah, dan biaya operasional tinggi untuk memperkuat jaringan rantai pasok.

Produk kebutuhan pokok juga memiliki harga standar, membuatnya sulit untuk dijual dengan harga tinggi dan mendapatkan margin yang lebih besar. Redseer juga mencatat bahwa pengguna quick commerce di Indonesia kebanyakan hanya mengincar diskon, sehingga target pelanggannya menjadi kurang tepat.

Beberapa pemain quick commerce lain di Indonesia meliputi Astro, Sayurbox, Shopee Express Instant, dan AlloFresh.

Dengan fokus pada penguatan layanan GoMart, GoTo berharap dapat memberikan solusi yang lebih efisien dan efektif bagi kebutuhan belanja harian pengguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *