Polri Apps
banner 728x90

BreakingNews!! BPBD Lingga Evakuasi 1 WNA Asal Malaysia yang Terjebak di Gunung Daik Lingga

Korban pendakian Gunung Daik Lingga ditemani 2 orang petunjuk jalan saat dilakukan evakuasi oleh TRC BPBD Lingga. (Dok. BPBD Lingga)

Lingga, Owntalk.co.id – Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lingga berhasil mengevakuasi seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Malaysia yang terjebak di Puncak Gunung Daik Lingga. Pria (69) asal Negeri Jiran Malaysia ini diduga mengalami kelelahan akibat diguyur hujan. Senin, 03/06/2024

Menurut laporan, wisatawan asal Negeri Jiran Malaysia tersebut mengalami kelelahan saat mendaki Gunung Daik Lingga. Tim BPBD menerima laporan tentang insiden ini dan segera melakukan evakuasi dari pos 2 Gunung Daik Lingga.

“Kami mendapatkan laporan ada salah seorang wisatawan dari Malaysia yang tidak mampu kembali ke homebase. Kami segera melakukan evakuasi yang saat itu berada di pos 2 gunung Daik,” ungkap Kepala BPBD Lingga, Oktanius Wirsal kepada Owntalk.co.id, Senin (03/06/2024).

Dikatakan Okta, “Tim berangkat pukul 02.00 malam, sampai di lokasi sekitar pukul 04.30, kemudian pada pukul 6 pagi kami bawa turun, dan langsung dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan pengecekan,” tambahnya.

Evakuasi tersebut dipimpin oleh Kepala BPBD Lingga, bersama tujuh anggota lainnya dan satu orang penunjuk jalan. Kondisi medan yang terjal dan licin menjadi tantangan utama dalam proses evakuasi, namun tidak ada kendala berarti yang menghambat.

“Saat ditemukan, korban mengalami kelelahan dan kedinginan akibat hujan deras yang mengguyur selama pendakian. Korban, seorang pria berusia 69 tahun, mendaki bersama sembilan wisatawan lainnya. Sembilan orang lainnya berhasil turun lebih dulu pada malam hari, sedangkan korban terpaksa tinggal di pos 2 bersama dua penunjuk jalan,” Kata Okta.

Setibanya dilokasi, Tim BPBD memberikan persediaan logistik, berupa makanan dan obat-obatan kepada korban dan penunjuk jalan yang mendampingi selama di pos 2.

Meskipun kondisi perjalanan cukup menantang dengan jalan yang terjal disertai licin akibat hujan. Tim berhasil melakukan proses evakuasi WNA asal Malaysia itu dengan selamat.

Saat ditemukan, Korban berada pada ketinggian 290 meter di atas permukaan laut (MDPL) saat dievakuasi. Tim BPBD memberikan logistik untuk korban dan penunjuk jalan yang mendampinginya di Pos 2 sebelum akhirnya membawa mereka turun dengan selamat.

“Korban mengalami kelelahan, kedinginan, dan kami memberikan logistik untuk korban dan teman-teman penunjuk jalan yang mendampingi korban di pos 2,” ucap Kepala BPBD Lingga.

Berhasilnya evakuasi ini menunjukkan kesiapan dan respons cepat dari BPBD Lingga dalam menghadapi situasi darurat di kawasan wisata alam Gunung Daik Lingga.

Harapannya, insiden ini menjadi pembelajaran bagi para pendaki untuk lebih memperhatikan kondisi fisik dan cuaca sebelum melakukan pendakian. (Yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *