Polri Apps
banner 728x90

BMKG Imbau Waspada Banjir Rob di Kabupaten Lingga

Potret salah satu rumah warga terdampak banjir rob. (Sumber. Ist)

Lingga, Owntalk.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menegaskan bahwa potensi terjadinya Banjir Pesisir (Rob) di Kabupaten Lingga semakin meningkat dalam beberapa hari mendatang. Masyarakat diminta untuk tetap waspada menghadapi potensi bencana ini.

Dilatarbelakangi oleh fenomena fase Bulan baru pada Rabu (8/5/24) yang lalu, BMKG memperkirakan ketinggian pasang air laut maksimum berpotensi meningkat, yang dapat berujung pada terjadinya Banjir Pesisir (Rob).

Ady Istyono, Kepala BMKG Kabupaten Lingga, menekankan bahwa potensi banjir rob diprediksi akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

“Peringatan dini terkait potensi banjir rob ini diharapkan berlangsung mulai tanggal 10 Mei hingga 15 Mei mendatang,” ungkap Ady Istyono pada Jumat, 10 Mei 2024.

Lebih lanjut, Ady menjelaskan bahwa potensi terjadinya banjir rob akan berdampak pada beberapa wilayah di Kabupaten Lingga.

“Daerah-daerah seperti Pesisir Singkep Barat, Singkep Pesisir, Senayang, dan sekitarnya diprediksi akan terdampak pada rentang waktu 11 Mei hingga 15 Mei mendatang,” tambahnya.

Meski telah diberikan peringatan dini terkait potensi terjadinya Banjir Rob, Ady mengimbau agar seluruh masyarakat tetap waspada dan siap menghadapi situasi darurat.

“Kami menghimbau terutama kepada masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir pantai untuk tetap waspada terhadap potensi terjadinya Banjir Rob. Begitu juga bagi para pekerja laut, diharapkan mereka mengenakan peralatan keselamatan yang sesuai, mengingat tingginya pasang air laut dan angin kencang yang mungkin terjadi,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *