Polri Apps
banner 728x90

Kemendikbudristek Buka Magang di Industri bagi Instruktur LKP Barista dan Otomotif Sepeda Motor

: Kemendikbudristek melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melakukan Sosialisasi Program Magang Instruktur Kursus dan Pelatihan: Bidang Teknik Sepeda Motor dan Barista Tahun 2024. (Dok; Kemendikbudristek)

Jakarta,Owntalk.co.id – Instruktur lembaga kursus dan pelatihan (LKP) memegang peranan penting dalam membentuk peserta didik yang sesuai dengan standar industri. Untuk itu, Kemendikbudristek, melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan, menjalankan Sosialisasi Program Magang Instruktur Kursus dan Pelatihan: Bidang Teknik Sepeda Motor dan Barista 2024.

Dalam konteks ini, Direktur Nahdiana menekankan pentingnya pengembangan keterampilan bagi instruktur LKP, terutama di bidang barista dan otomotif, yang sesuai dengan tuntutan pasar.

“Perlunya penyesuaian pembelajaran di LKP dengan kebutuhan dunia usaha dan industri, yang menjadi landasan bagi percepatan transformasi mutu instruktur dan pembelajaran,” ujar Nahdiana.

Menyadari dinamika zaman, Direktur Nahdiana mendorong masyarakat untuk memilih kursus sebagai sarana mengakomodasi perubahan cepat di berbagai bidang keterampilan.

Ia juga menegaskan bahwa peningkatan kualitas SDM harus berjalan seiring dengan dinamika industri, khususnya dalam bidang otomotif dan barista.

Program Magang Instruktur merupakan kelanjutan dari Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia yang telah berlangsung sebelumnya.

Program ini berfokus pada peningkatan kompetensi secara menyeluruh, mulai dari pengembangan soft skills seperti karakter dan tata kerja industri hingga penguatan hard skills melalui praktik kerja di industri.

Sejak dimulainya program ini, puluhan instruktur telah mengikuti magang di berbagai industri, dengan fokus pada berbagai keterampilan.

Tahun ini, program tersebut membuka kesempatan bagi instruktur LKP di bidang barista dan teknik sepeda motor untuk mengikuti magang, bekerja sama dengan mitra industri terkemuka seperti Indonesia Coffee Academy dan Yamaha DDS 2 Jawa Barat.

Indonesia Coffee Academy dipilih sebagai mitra industri untuk magang instruktur bidang Barista karena pengalamannya yang luas dalam industri kopi.

Mereka akan memberikan pelatihan yang komprehensif, mulai dari dasar-dasar kopi hingga manajemen coffee shop, untuk mempersiapkan instruktur agar memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri.

Sementara itu, Yamaha DDS 2 Jawa Barat berkomitmen untuk mendukung program ini, menunjukkan kepedulian mereka terhadap pendidikan di Indonesia.

Melalui kerjasama dengan sekolah menengah kejuruan dan sekarang instruktur LKP, Yamaha berusaha memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas SDM di bidang teknik sepeda motor.

Program magang ini tersedia secara gratis untuk instruktur terpilih dan akan berlangsung selama 10 hari. Tahapan seleksinya meliputi penyusunan pedoman dan program, sosialisasi, pendaftaran, proses kurasi, hingga pengumuman instruktur terpilih.

Bagi instruktur yang berminat, informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat diakses melalui tautan https://bit.ly/simantappendaftaran. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 5 Mei sampai 16 Mei 2024, dengan pelaksanaan magang berlangsung pada 3 sampai 14 Juni 2024.

Dengan demikian, program ini menjadi kesempatan yang berharga bagi instruktur LKP untuk mengembangkan keterampilan dan memperluas wawasan mereka sesuai dengan tuntutan industri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *