Polri Apps

Jelang Pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, KPU Lingga Gelar Simulasi Pemungutan Surar Suara

KPU Lingga saat menggelar simulasi pemungutan surat suara. (ist)

Lingga, Owntalk.co.id – Menjelang Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), mengambil langkah proaktif dengan mengadakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara.

Kegiatan ini digelar di TPS 08, Hotel Lingga Pesona, Kecamatan Lingga, pada Selasa, 30 Januari 2024, sebagai bentuk persiapan menyeluruh untuk memastikan pemilu berlangsung lancar dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Simulasi ini menjadi langkah penting bagi pihak KPU untuk menguji kesiapan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) serta untuk mengidentifikasi dan memperbaiki segala kekurangan dalam proses pemungutan dan penghitungan suara.

“Dalam simulasi ini menjadi bahan percontohan serta mengetahui langsung kekurangan dalam pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara untuk Pilpres, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, serta DPRD Kabupaten mendatang,” ucap Ketua KPU Lingga, Ardhy Aulia, Rabu, (31/01/2024).

Simulasi ini diharapkan dapat menjadi tolak ukur efektivitas prosedur yang telah ditetapkan dan sebagai kesempatan untuk mempersiapkan petugas dalam menghadapi situasi nyata pada hari pemungutan suara.

Dengan demikian, KPU Lingga bertekad untuk memastikan bahwa Pemilu 2024 dapat berjalan dengan efisien, transparan, dan sesuai dengan prinsip demokrasi.

Ardhi juga menyampaikan rasa terima kasih kepada PPK Kecamatan Lingga, serta teman-teman PPS dan KPPS di Kelurahan Daik yang telah memberikan dukungan dalam keberhasilan simulasi ini. Ia menekankan pentingnya menjaga kesehatan bagi semua anggota KPPS, mengingat tugas pencoblosan membutuhkan tenaga dan fokus yang tinggi.

“Pada saat pencoblosan, pasti banyak menguras energi kita, maka dari itu saya berpesan untuk sama-sama kita menjaga kesehatan agar pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara berjalan dengan lancar. Simulasi ini diharapkan dapat memastikan bahwa semua tahapan Pemilu 2024 dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai prosedur,” harapnya.(Yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *